CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 24 April 2016 12:00

Maaf Apple, penjualan iPhone SE tahun ini mungkin saja mengecewakan

Avril Wu, analis Trendforce, memprediksi cuma ada 15 juta unit iPhone versi murah itu yang terjual sepanjang 2016.

Maaf Apple, penjualan iPhone SE tahun ini mungkin saja mengecewakan

Techno.id - Kuartal pertama 2016 ini, Apple dihadapkan dengan fakta bahwa penjualan iPhone sedang lesu. Kendati masih menduduki posisi kedua sebagai produsen smartphone top dunia dengan melego 42 juta unit iPhone, performa tersebut tidak memuaskan.

Alasannya, Samsung mampu menjual produknya dua kali lebih banyak dari Apple dalam tiga bulan terakhir. Kemudian, ada penurunan penjualan yang cukup besar, tepatnya 43,8 persen, dibanding kuartal lalu yang mencapai 75 juta unit.

Dari fakta ini, Trendforce pun memprediksi merosotnya jumlah iPhone yang laku selama 2016, yakni 213 juta unit atau 10 persen lebih rendah dari 2015. Tak cuma itu, Avril Wu, analis Trendforce, sampai meramalkan akan ada kurang dari 15 juta unit iPhone SE yang terjual sepanjang 2016.

"Sebagai versi murah, iPhone SE mungkin saja bakal mendongkrak penjualan Apple secara keseluruhan pada kuartal kedua sebelum model iPhone utama dirilis. Namun, iPhone SE harus berkompetisi dengan produk dari Tiongkok yang menjejali target pasar mereka, yakni segmen kelas menengah," demikian terang Avril seperti dikutip dari rilis Trendforce (18/04/16).

"Tahun ini penjualan iPhone SE diproyeksikan ada di bawah 15 juta unit dan tak akan banyak mendongkrak penjualan tahunan Apple yang lemah tahun ini," imbuhnya.

Sebelumnya, perusahaan riset asal Amerika IHS sempat membongkar iPhone SE dan menghitung harga komponennya. Ternyata, harga asli iPhone 4 inci ini cuma Rp2 jutaan, selisih Rp3 jutaan dengan harga ritelnya.

WHAT TO READ NEXT ?