CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 5 April 2016 08:00

Berencana jual lagi iPhone bekas, Apple sudah putus asa lawan Samsung?

Rencana yang akan diterapkan di India ini menuai kecaman keras.

Berencana jual lagi iPhone bekas, Apple sudah putus asa lawan Samsung?

Techno.id - Ada indikasi bahwa Apple Inc. cukup kewalahan untuk menguasai pasar smartphone di negara berkembang seperti India. Pasalnya, mengutip Bloomberg.com (04/04/16), raksasa Cupertino itu berniat untuk mengimpor iPhone bekas dan menjualnya kembali di negara Bollywood tersebut. Tujuannya, tentu untuk menekan harga jual iPhone di sana.

Jelas, rencana ini menuai kecaman dari beragam pihak. Sebab, kompetisi dengan produsen ponsel setempat, yang mendapat backing dari pemerintah India, bisa semakin tidak imbang. Di sisi lain, langkah ini juga dinilai kurang bijak dari segi lingkungan, karena akan menguatkan kesan India sebagai negara penampung sampah elektronik.

Sebagai satu dari segelintir pasar smartphone terbesar di dunia, Apple jelas berambisi menguasai India. Namun di negara ini, handset yang laku mayoritas berbanderol Rp1 jutaan. Tentu saja, Apple pun kesulitan untuk bersaing di sini, kendati sudah merilis iPhone versi murah, yakni iPhone SE.

Sebaliknya, penjualan smartphone Samsung di negara tersebut cukup baik. Sebab, mereka memang memberlakukan diversifikasi produk, dari low-end hingga high-end, sehingga bisa menjangkau beragam konsumen. Ketidakmampuan untuk mengalahkan Samsung di India ini yang membuat Apple nampaknya gelap mata, sampai-sampai mereka pun tak segan mengusulkan langkah 'murah' seperti ini untuk yang kedua kalinya.

WHAT TO READ NEXT ?