Ingin jajal aplikasi Health & Fitness? Solusinya tak harus mahal!

Ingin jajal aplikasi Health & Fitness? Solusinya tak harus mahal!

Techno.id - Apple Watch dan Android Wear memang menawarkan berbagai fitur baru dan menarik. Salah satu fitur yang cukup dibanggakan dan semakin digemari di jam tangan pintar atau smartwatch adalah adanya sensor yang dioptimalkan untuk aplikasi Health & Fitness (kesehatan dan kebugaran).

Namun faktanya, tidak semua orang dapat menikmati aplikasi Health & Fitness yang ditawarkan di dalam smartwatch. Salah satu penyebab utamanya adalah harga smartwatch yang dibanderol masih relatif tinggi.

Sebenarnya masih ada banyak cara untuk menjajal aplikasi Health & Fitness. Salah satunya adalah dengan menggunakan wearable gadget bernama Moov serta satu buah smartphone berplatform Android atau iOS.

Meskipun tak murni smartwatch, gadget ini mampu berfungsi layaknya smartwatch jika dikombinasikan dengan smartphone. Ya, Moov adalah alat sensor (9-axis motion sensing system) Health & Fitness yang berbentuk seperti jam tangan. Lebih jauh, harga yang dibanderol juga jauh lebih murah daripada smartwatch, yakni Rp 1,6 juta untuk satu paket lengkapnya.

Ingin jajal aplikasi Health & Fitness? Solusinya tak harus mahal!

Ada empat jenis aplikasi yang didukung oleh Moov, yakni Run & Walk (jalan, jogging, berlari), Cardio Boxing (tinju), Swimming (berenang), dan Cycling (bersepeda). Cara kerjanya, melacak dan mengukur kegiatan olahraga melalui lebih dari 10 program olahraga yang dilengkapi dengan lebih dari 200 tingkat kesulitan.

Ada Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh gadget ini. Seperti water-resistant serta bahan dasar gadget yang elastis, sehingga dapat digunakan di pergelangan tangan maupun pergelangan kaki. Selain itu, Woov dibekali dengan bobot yang sangat kecil yakni 0,3 ons dengan dimensi sebesar 1,4 x 1,4 x 0.3 inci. Meskipun kecil, gadget ini dibekali dengan baterai lithium-ion yang mampu bertahan hingga 8 jam.

Berikut video review Moov:

Salah satu pengguna wearable gadget ini juga mengatakan, konsumsi baterai yang dihabiskan ketika gadget ini disinkronisasikan dengan smartphone tidaklah terlalu menguras. Kendati begitu, masih ada beberapa bug pada aplikasi bawaan Moov yang mengakibatkan baterai smartphone cepat habis.

(brl/red)