V.ALRT, perangkat keamanan pribadi untuk meminta bantuan darurat

V.ALRT, perangkat keamanan pribadi untuk meminta bantuan darurat

Techno.id - Kejahatan di perkotaan telah merajalela, mulai dari kasus perampokan, penculikan, pencopetan, hingga pemerkosaan. Seakan, kejahatan tersebut sudah menjadi hal biasa karena terlalu sering dialami oleh masyarakat. Namun, tindak pelaku kejahatan ini tidak akan berlangsung lama setelah produsen elektronik, VSN Mobil menciptakan alat yang bisa menolong seseorang dari tindakan kejahatan.

Mereka membuat V.ALRT VSN400 yang merupakan perangkat keamanan untuk memberitahukan pada orang terdekat bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Perangkat ini seperti liontin dengan tombol rahasia. Bila sewaktu-waktu pengguna mengalami bahaya, mereka cukup menekan tombol tersebut dan V.ALRT akan menghubungi tiga orang yang sudah dipilih sebelumnya.

V.ALRT, perangkat keamanan pribadi untuk meminta bantuan darurat

V.ALRT VSN400 berbentuk bulat seperti koin agak tebal. Pengguna bisa mengandalkan perangkat tersebut karena V.ALRT dapat terhubung dengan smartphone (Android dan iPhone) melalui bluetooth 4.0 LE untuk melaporkan lokasi (dengan GPS) di mana mereka mendapat tindak kejahatan. Selain itu, perangkat ini juga mampu mengirimkan pesan pribadi dan panggilan darurat untuk meminta bantuan secara personal.

Orang yang memakai V.ALRT tidak akan terlihat sedang memakai perangkat keamanan. Hal ini dikarenakan desainnya yang ergonomis membuat alat tersebut bisa dijadikan kalung, gelang, diselipkan di ikat pinggang, ataupun dikantongi.

V.ALRT, perangkat keamanan pribadi untuk meminta bantuan darurat

Menariknya lagi, V.ALRT memiliki fitur unggulan seperti kemampuan mendeteksi pengguna ketika terjatuh dan tahan air. Jadi, ketika pengguna tiba-tiba terjatuh di dalam air maka alat ini bisa secara otomatis melaporkannya pada tiga kontak yang telah tersimpan.

Pengguna tidak perlu mengisi daya setiap harinya karena V.ALRT VSN400 bisa bertahan hingga satu tahun. Jika baterai sudah habis, pengguna dapat menggantinya dengan baterai yang baru. Namun, ada sedikit kendala dalam menggunakan V.ALRT. Menurut pengguna yang telah mencoba alat ini, mereka mengalami kesulitan untuk melaporkan keadaan bila sinyal smartphone terlalu lemah. Tak hanya itu, tiga orang yang telah dipilih tadi tidak akan menerima pesan dari nomor pengguna melainkan kode dari suatu daerah.

V.ALRT, perangkat keamanan pribadi untuk meminta bantuan darurat

Jadi, tiga kontak yang menerima pesan tadi belum tentu bisa menolong Anda karena tidak mengenali nomor yang menghubunginya. Di sisi lain, V.ALRT VSN400 memang sangat membantu untuk dijadikan keamanan tambahan. Setidaknya, masyarakat yang membawa perangkat ini tidak akan merasa khawatir dan selalu waspada jika sewaktu-waktu mendapat tindak kejahatan.

Apabila Anda berminat menggunakan perangkat keamanan darurat ini, V.ALRT VSN400 dibeli dengan harga sekitar Rp 795 ribu di toko online Amazon. Untuk tambahan aksesoris lainnya, seperti kalung dan gantungan dibanderol dengan harga Rp 125 ribu.

(brl/red)