Di negara ini, pengguna iPhone bisa tingkatkan kapasitas memori

Di negara ini, pengguna iPhone bisa tingkatkan kapasitas memori

Techno.id - iPhone adalah salah satu gadget yang dikenal berharga mahal. Kenyataan itu kian mencekik lantaran konsumen iPhone juga tidak diberi banyak pilihan soal kapasitas penyimpanan internal. kecuali, jika konsumen memang rela membeli iPhone baru.

Di iPhone generasi terbaru, Apple memang masih menyediakan varian murah 16GB. Namun, kapasitas tersebut saat ini sudah dianggap relatif kecil, apalagi ketika dibandingkan dengan para pesaing yang bahkan menawarkan harga lebih murah.

Kendati demikian, tahukah Anda bahwa polemik iPhone seperti di atas ternyata dapat dituntaskan hanya dengan membayar sebesar Rp 1,2 jutaan? Ya, beberapa 'bengkel' di Tiongkok mengaku dapat meningkatkan kapasitas memori internal pada iPhone.

Peningkatan kapasitas memori iPhone yang dimaksud di sini adalah dari sebesar 16GB, menjadi 128GB. lantas, bagaimana trik bengkel-bengkel tersebut hingga mampu mengubah iPhone yang selama ini dikenal sebagai gadget 'anti modifikasi'?

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (04/11), para bengkel itu disebutkan dapat menipu iPhone untuk tetap membaca chip memori di luar besutan Apple. Dengan mengotak-atik software di dalamnya, mereka diklaim sanggup memasang chip dari luar bernama NAND.

Yang membuatnya tak kalah menarik, para pekerja bengkel ini ternyata hanya membutuhkan waktu satu jam untuk beroperasi. Saat ini, mereka pun diklaim telah berhasil mengoperasi sekitar 70 perangkat iPhone.

Terlepas dari benar tidaknya klaim mereka, perlu diketahui bahwa langkah ini dengan jelas akan merusak garansi dari Apple. Terlebih lagi, pasca digantinya kapasitas memori, iPhone dilaporkan jadi lebih cepat panas.

(brl/red)