CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 9 April 2016 05:00

Apa perangkat VR yang diprediksi laris tahun ini?

Berdasarkan prediksi dari Strategy Analytics, Oculus Rift, HTC Vive, dan Sony PlayStation VR bakal populer.

Apa perangkat VR yang diprediksi laris tahun ini?

Techno.id - Mark Zuckerberg pernah berpendapat jika bisnis virtual reality belum akan ramai dan menguntungkan tahun ini. Sebab, bos Facebook itu memperkirakan produksi massal perangkat VR setidaknya baru akan terealisasi 5 tahun lagi.

Namun, pandangan kontra dilempar oleh Strategy Analytics. Seperti dikutip dari rilis persnya (07/04/16), popularitas VR headset diramal bakal terbangun mulai tahun ini, kendati baru segelintir vendor besar yang bermain.

Menurut perusahaan riset pasar tersebut, produsen VR headset diprediksi mampu meraup revenue sebesar 895 juta USD atau sekitar Rp11 triliunan selama 2016. Menariknya, dari angka itu, 77 persennya didominasi oleh perangkat VR terkenal, yakni Oculus Rift, HTC Vive, dan Sony PlayStation VR.

Kendati mendominasi dari segi penjualan, tiga brand tersebut cuma berkontribusi terhadap 13 persen dari kisaran perangkat VR yang laku tahun ini, yaitu sebanyak 12,8 juta unit. VR headset berbasis smartphone dengan banderol lebih murahlah yang bakal menguasai pasar.

Bisnis virtual reality di awal tahun ini terpantau terus menggeliat. Buktinya, sudah banyak pihak-pihak yang mulai kepincut menggunakan teknologi ini, walau bukan berasal dari perusahaan TI, contohnya McDonald's dan produsen film panas.

WHAT TO READ NEXT ?