VR memang canggih, namun juga buat Anda sakit

VR memang canggih, namun juga buat Anda sakit

Techno.id - Perangkat terbaru yang menjadi tren tahun ini, Virtual Reality (VR) walaupun canggih namun ternyata bisa membuat Anda sakit. Seperti yang dilansir oleh Tech Insider (29/03/16), dikatakan jika banyak pengguna VR mengeluh mual, mata terasa sakit, dan pusing.

Marty Bank, seorang Profesor Optometry dan Vision Science di University of California mengatakan jika ini adalah gejala umum yang dihadapi pengguna VR. Di dalam pengujian laboratorium, disimpulkan memang gejala ini adalah pengaruh dari teknologi, layar, serta virtual reality di mata pengguna.

Semua gejala disebut dengan vergence-accommodation conflict, vergence adalah yang terjadi jka kedua mata Anda mencegah melihat sebuah gambar menjadi ganda. Sedangkan accommodation adalah yang mata Anda lakukan untuk menjaga gambar agar tidak kabur atau blur.

Kedua proses ini terkait dengan otak, sehingga Anda bisa melihat dunia sekitar dengan benar. Seharusnya, kedua proses ini bekerja sama agar fokus pada gambar dan jarak yang berbeda. Fenomena ini mirip ketika menonton film 3D.

Saat ini para peneliti sedang bekerja untuk merancang VR yang tidak menimbulkan rasa sakit penggunanya. Walaupun memang diakui perangkat seperti ini tidak akan hadir dalam waktu dekat.|

(brl/red)