Xiaomi 14 resmi meluncur di Indonesia, andalkan optik Leica generasi baru dengan dukungan HyperOS

Xiaomi 14 resmi meluncur di Indonesia, andalkan optik Leica generasi baru dengan dukungan HyperOS

Techno.id - Xiaomi resmi meluncurkan the legendary Xiaomi 14 di Indonesia, Rabu (26/3). Smartphone ini memadukan desain compact dan lensa optik Leica Summilux generasi terbaru. Dirancang sebagai perangkat daily driver, Xiaomi 14 yang berdimensi 152,8mm x 71,5mm x 8,20mm ini hadir dalam tiga pilihan warna elegan Black, White, dan Jade Green, serta desain panel belakang yang melengkung, memberikan kenyamanan dan keamanan saat digenggam, memungkinkan penggunaan yang nyaman dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk alasan estetika minimalis, speaker pada perangkat ini dipindahkan ke dalam layar serta port inframerah ke dalam dekorasi kamera. Pada sisi bezel yang ultra-tipis, menggunakan teknologi FIAA inovatif untuk menyatukan sirkuit panel di dalam layar, menciptakan bezel bawah yang tipis hanya 1,71mm untuk pengalaman menonton yang lebih imersif.

Smartphone ini dilengkapi konfigurasi triple kamera mencakup focal length yang luas mulai dari 14mm hingga 75mm. Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux dengan aperture /1.6 yang ditingkatkan pada kamera utama, dikombinasikan dengan sensor gambar Light Fusion 900 dan mengoptimalkan dynamic range hingga 13,5 EV.

Xiaomi 14 resmi meluncur di Indonesia, andalkan optik Leica generasi baru dengan dukungan HyperOS foto: xiaomi

Selain itu, resolusi kamera ultra-wide Leica 14mm telah ditingkatkan menjadi 50MP sementara juga menawarkan lensa floating telephoto Leica 75mm dengan jarak fokus minimum hanya 10cm.

Dalam hal tampilan layar, Xiaomi 14 memiliki layar AMOLED CrystalRes 1,5K (2670 x 1200) berukuran 6,36 inci. Kerapatan piksel layar telah ditingkatkan menjadi 460 ppi untuk menghasilkan lebih banyak detail daripada sebelumnya.

Dengan kecerahan puncak mencapai 3000 nits, warna-warni dan visual tetap dapat terlihat jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, refresh rate variabelnya, berkisar dari 1 hingga 120Hz, menjamin pengalaman menonton yang lancar dan mulus di berbagai aktivitas, termasuk browsing, membaca, dan bermain game.

Performa

Xiaomi 14 resmi meluncur di Indonesia, andalkan optik Leica generasi baru dengan dukungan HyperOS foto: xiaomi

Xiaomi 14 didukung chipset Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform, menampilkan peningkatan kinerja CPU sebesar 32% dan penurunan konsumsi daya sebesar 34%, serta kinerja GPU meningkat hingga 34% dengan penurunan konsumsi daya hingga 38% dibanding generasi sebelumnya. Smartphone ini juga dilengkapi Qualcomm FastConnect 7800, membawa Wi-Fi 7 dengan kapasitas 320MHz.

Dilengkapi sistem pendinginan Xiaomi IceLoop, perangkat ini menawarkan tingkat kelancaran dalam berbagai skenario seperti perekaman video, fotografi komputasional, AI real-time, dan gaming intensif.

Untuk urusan baterai dan pengisian daya, Xiaomi 14 dilengkapi sistem manajemen baterai Xiaomi Surge, menjamin kinerja yang lebih tahan lama untuk pemakaian sepanjang hari. Perangkat ini ditenagai baterai 4.610mAh yang didukung HyperCharge 90W dan wireless HyperCharge 50W.

Sistem operasi

Xiaomi 14 resmi meluncur di Indonesia, andalkan optik Leica generasi baru dengan dukungan HyperOS foto: xiaomi

Smartphone ini ditenagai sistem operasi terkini Xiaomi HyperOS. Sistem yang berfokus pada pengguna ini dirancang untuk ekosistem pintar "Human x Car x Home". Dengan Xiaomi HyperOS, pengguna dapat merasakan peningkatan signifikan dalam kelancaran sistem dengan kemampuan manajemen file dan memori yang canggih, antarmuka pengguna yang diperbarui dengan lebih kaya subsistem grafis, konektivitas yang mulus antar perangkat, dan fitur keamanan dan privasi yang komprehensif.

(brl/red)