8 Smartphone generasi baru yang akan diluncurkan tahun ini, nomor 1 paling ditunggu

8 Smartphone generasi baru yang akan diluncurkan tahun ini, nomor 1 paling ditunggu

Techno.id - Industri smartphone tidak pernah melambat. Model baru terus dirilis hanya dalam beberapa minggu atau bulan. Fakta ini memiliki gambaran umum tentang apa yang akan terjadi dalam waktu dekat dan akan sangat membantu pengguna memutuskan apakah harus mengganti perangfkat mereka. Nah berikut ini beberapa perangkat yang akan meramaikan pasar smartphone di 2024 dan sangat ditunggu penggemarnya.

1. iPhone 16 Series

8 Smartphone generasi baru yang akan diluncurkan tahun ini, nomor 1 paling ditunggu foto: macrumors

Belakangan ini kerap muncul bocoran iPhone 16 dan iPhone 16 Pro yang akan memiliki layar lebih besar daripada pendahulunya. Bahkan iPhone 16 Pro Max memiliki layar hingga 6,8 inci.

Ada beberapa rumor menarik tentang seri iPhone 16. Di antaranya adalah klaim bahwa iPhone 16 Pro akan memiliki sistem FaceID di bawah layar, menghilangkan potongan berbentuk pil permanen yang saat ini digunakan untuk fitur Dynamic Island. Ada juga tingkat zoom kamera yang lebih tinggi pada iPhone 16 Pro Max.

2. Google Pixel 9 dan 9 Pro

8 Smartphone generasi baru yang akan diluncurkan tahun ini, nomor 1 paling ditunggu foto: @onleaks

Google diperkirakan akan mengumumkan Pixel 9 dan 9 Pro akhir tahun ini. Google mungkin akan merilis perangkat Pixel 9 pada Oktober mendatang. Dikabarkan jajaran Pixel 9 akan menampilkan prosesor Tensor G4 generasi berikutnya.

3. Google Pixel 8a

8 Smartphone generasi baru yang akan diluncurkan tahun ini, nomor 1 paling ditunggu foto: onleaks/smartprix

Sepertinya tidak terlalu lama sejak Pixel 7a diluncurkan, rumor penggantinya dimulai. Pixel 8a dikabarkan akan menampilkan prosesor Tensor G3, prosesor yang sama dengan yang ada di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, ditambah RAM 8GB. Bocoran lainnya menunjukkan bahwa kita akan melihat perangkat yang lebih bulat dan ramah, seperti Pixel 8.

Model andalan seri ini, dikabarkan akan ditambah banyak hiburan bertenaga AI yang menjadikannya pengalaman yang sangat berbeda dengan model Pixel sebelumnya.

4. Pixel Fold 2

8 Smartphone generasi baru yang akan diluncurkan tahun ini, nomor 1 paling ditunggu foto: androidauthority

Google juga dikabarkan akan merilis Pixel Fold versi baru tahun ini yakni Pixel Fold 2. Bahkan otoritas Android mendapatkan foto versi awal ponsel yang potensial, yang mungkin telah mengungkapkan beberapa rahasianya. Desain ponsel prototipe menampilkan layar penutup yang lebih sempit, yang akan membuatnya lebih sesuai dengan tampilan dan nuansa Samsung Galaxy Z Fold.

Modul kamera juga terlihat sangat berbeda. Bocoran lainnya, dikabarkan Pixel Fold baru ini akan menggunakan Tensor G4 yang belum diumumkan. Rumor tersebut juga menunjukkan RAM 16GB yang sangat kuat, yang menjadi memori paling besar yang pernah disematkan pada ponsel Pixel.

(brl/red)