WhatsApp kembangkan fitur Screen Sharing, siap saingi dominasi Zoom?

WhatsApp kembangkan fitur Screen Sharing, siap saingi dominasi Zoom?

Screen sharing WhatsApp.

Melansir dari laman WABetainfo, fitur share screen bakal hadiri beberapa bulan kedepan. Laman yang kerap membagikan bocoran fitur masa depan WhatsApp ini mengunggah hasil tangkapan layar terkait cara kerja Screen Sharing yang akan diaplikasikan.

WhatsApp kembangkan fitur Screen Sharing, siap saingi dominasi Zoom?

foto: WABetainfo.com

Melihat dari foto di atas, terlihat bahwa Screen Sharing dapat diaktifkan melalui ikon "Screen Sharing" saat melakukan video call. Tools membagikan layar akan diletakkan di bagian sebelah kiri ikon untuk mengaktifkan video.

Nantinya apabila ikon bagikan layar ditekan, pengguna diberikan jendela pop-up untuk mengonfirmasi bahwa pengguna setuju untuk memberikan tampilan layar ke pengguna WhatsApp lain saat dalam video call.

Setelah pengguna menekan opsi "Start now", maka semua yang tertampil di layar akan berubah menjadi layar Sharing Screen. Artinya semua pengguna yang ada di dalam video call WhatsApp tersebut dapat melihat sebuah tampilan apa yang dibagikan di layar HP masing-masing. Kemudian untuk mematikannya, pengguna cukup menekan opsi "Stop Sharing" di bagian layar.

Fitur Sharing Screen tentu menjadi upgrade yang ditunggu dan dibutuhkan pengguna, terutama bagi yang suka melakukan pertemuan daring. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pertemuan online terbatas secara maksimal.

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti kapan fitur ini digelontorkan oleh Meta. Kemudian WABetainfo juga membeberkan bahwa WhatsApp dengan fitur Share Screen tidak bisa digunakan untuk device berbasis Android lawas. Bahkan pengguna yang belum update aplikasi juga tidak dapat mendapatkan fitur ini secara maksimal.

Meski tidak disebutkan spek OS minimal untuk fitur ini, ada beberapa catatan agar Screen Sharing bisa digunakan. Salah satunya adalah pengguna hanya bisa menggunakan fitur untuk beberapa peserta saja. Jika peserta mencapai batas maksimal, maka fitur tidak bisa dimanfaatkan.

Bagi sobat techno ingin mencoba WhatsApp dengan fitur Sharing Screen bisa menggunakan versi Beta. Sobat bisa mengunduh dan instal WhatsApp versi 2.23.11.19 untuk menjajal fitur ini. Selamat mencoba!

(brl/guf)