5 Fitur Bing AI bisa kamu pakai untuk membuat karya tulis, sajikan referensi paling up to date

5 Fitur Bing AI bisa kamu pakai untuk membuat karya tulis, sajikan referensi paling up to date

Techno.id - Seakan tak mau kalah, Microsoft secara resmi membuka akses sepenuhnya untuk platform chatbot berbasis AI yakni Bing AI Chat. Kini pengguna tak perlu lagi repot-repot melakukan waiting list agar mendapatkan layanan AI dari Bing, yang digadang-gadang mirip ChatGPT tersebut.

Seperti diketahui, Bing AI merupakan program chatbot berbasis kecerdasan buatan milik Microsoft. Perusahaan besutan Bill Gates ini mengembangkan chatbot AI bersama dengan ChatGPT dari OpenAI. Artinya kedua perusahaan bekerjasama dalam mengembangkan platform chatbot AI terkemuka, agar dapat dinikmati oleh pengguna secara aman dan nyaman.

Perlu diketahui, Bing AI dikembangkan melalui teknologi GPT Generative Pre-trained Transformer. Teknologi GPT diambil dari hasil inovasi OpenAI dengan ChatGPTnya. Alhasil Bing AI memiliki sistem kecerdasaan buatan yang sama seperti ChatGPT. Namun Bing dinilai lebih up to date ketimbang ChatGPT versi GPT 3.5 yang gratis.

Chatbot AI dari Microsoft ini dibekali dengan kemampuan untuk menanggapi serta menjawab berbagai perintah maupun pertanyaan dari pengguna. Menariknya, pengguna bisa berinteraksi dengan chatbot tersebut layaknya bercakap-cakap ria bersama manusia biasa. Tentu interface ini seperti ChatGPT yang tengah booming di jagat dunia maya.

Namun terdapat perbedaan yang tertera di Bing AI. Chatbot milik Microsoft ini dapat diakses secara khusus melalui browser Microsoft Edge dan search engine Bing. Terdapat tools khusus untuk mengintegrasikan browser serta chatbot AI tersebut. Berbeda dari ChatGPT yang dapat diakses melalui browser seperti Chrome maupun device mobile.

Bing AI seakan menjawab kebutuhan pengguna, terutama bagi para penulis. Pasalnya Bing mempunyai fitur lengkap yang membantu pengguna untuk menciptakan karya tulis menarik. Lantas apa saja fitur di dalam Bing AI yang mampu membuat penulis dimanjakan dalam berkarya? Berikut techno.id sajikan 5 fitur utama Bing AI, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (19/5).


(brl/guf)