Cara mudah membuat karakter AI berbicara dengan D-ID, lancar banget bak presenter TV

Cara mudah membuat karakter AI berbicara dengan D-ID, lancar banget bak presenter TV

Techno.id - Teknologi kecerdasan buatan kini tengah menjadi perbincangan hangat di dunia gadget. Pasalnya sudah bermunculan banyak platform AI yang cukup membantu pekerjaan pengguna. Salah satu yang lagi ngetrend adalah AI yang bisa melakukan presenting.

Teknologi AI bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah video presentasi secara mudah. Ada sebuah platform yang memungkinan karakter berbasis AI bisa berbicara, dan bergerak sesuai kebutuhan pengguna. Bagi pengguna hanya perlu memasukan perintah berupa teks saja. Tak perlu memikirkan bagaimana proses take video maupun editing.

Salah satu platform bisa melakukan hal tersebut adalah D-ID. Layanan dari D-ID memungkinkan seseorang bisa membuat sebuah video AI dengan karakter dapat berbicara. Platform ini sudah dibekali teknologi seperti program pembelajaran mendalam (deep learning) animasi wajah, program pengolah teks menjadi audio, program pengolah data teks GPT-3, dan program pengolah teks menjadi gambar Stable Diffusion.

Melalui sistem AI yang diterapkan tersebut, D-ID bisa dipakai untuk membuat sebuah video presenting dengan output audio video layaknya presenter TV, lho sob. Lantas bagaimana cara membuat video presentasi dengan D-ID tersebut? Berikut techno.id sajikan langkah-langkah membuat karakter AIa berbicara dengan D-ID, yang dihimpun dari berbagai sumber.


(brl/guf)