Samsung Galaxy Note 5 dikabarkan juga tak sertakan slot microSD

Samsung Galaxy Note 5 dikabarkan juga tak sertakan slot microSD

Techno.id - Seperti diketahui, tidak disertakannya slot microSD di perangkat terbaru Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge telah menuai banyak pro dan kontra. Beberapa menganggap hal tersebut tepat karena dapat meningkatkan kinerja smartphone. Adapun pihak penolak juga merasa tidak puas karena kapasitas penyimpanan yang menjadi terbatas.

Meskipun telah menerima sejumlah keluhan perihal microSD, Samsung sepertinya tak berencana untuk kembali menyertakan slot microSD di kemudian hari. Pasalnya, di perangkat yang lebih baru lagi yakni Galaxy Note 5, kini juga dikabarkan tak menyediakan slot penyimpanan data eksternal tersebut.

Sebagaimana dikutip dari SAM Mobile (07/07/2015), bocornya galeri foto Galaxy Note 5 beberapa hari yang lalu adalah penyebab munculnya spekulasi tersebut. Di galeri tersebut, pelindung Galaxy Note 5 terlihat sangat ramping menyerupai Galaxy S6 dan S6 Edge, sehingga diduga kuat slot microSD di dalamnya telah dipangkas.

Samsung sendiri beralasan bahwa teknologi memori internal UFS 2.0 (Universal Flash Storage) yang diusung oleh Galaxy S6 dan S6 Edge menghasilkan kecepatan baca dan tulis hingga dua kali lipat lebih cepat dari eMMC 5.0. Adapun eMMC 5.0 yakni teknologi memori internal yang digunakan produk-produk sebelum Galaxy S6 dan S6 Edge.

Yang pasti, keputusan pada akhirnya akan tetap berada di tangan konsumen. Apakah mereka lebih cenderung mengutamakan kinerja smartphone atau kapasitas penyimpanan yang besar. Tentu saja, hal tersebut juga bersikap obyektif karena kebutuhan tiap konsumen akan selalu berbeda.

(brl/red)