Musim mudik telah tiba, pilih Google Maps atau Waze? Simak penjelasan kelebihan dan kekurangannya

Musim mudik telah tiba, pilih Google Maps atau Waze? Simak penjelasan kelebihan dan kekurangannya

Techno.id - Musim Mudik Lebaran selalu identik dengan perjalanan jauh para perantau menuju kampung halaman. Tujuan dari mudik tak lain adalah bertemu dengan keluarga untuk saling bersuka cita menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sebab pada hari tersebut akan ada banyak ampunan dan seakan seseorang lahir kembali tanpa dosa, karena telah saling maaf memaafkan antar sesama.

Untuk memeriahkan datangnya hari Lebaran, perlu adanya persiapan yang matang. Mulai dari persiapan biaya, kondisi kendaraan, keadaan fisik untuk melalui perjalanan jauh, sampai persiapan penunjang perjalanan mudik lainnya. Salah satu yang harus disiapkan adalah platform untuk peta digital.

Ada beragam aplikasi peta digital yang dapat digunakan oleh para pemudik. Tercatat ada dua aplikasi populer dipakai oleh pengguna smartphone di Indonesia. Aplikasi tersebut adalah Google Maps dan Waze.

Baik Google Maps dan Waze mempunyai kapasitas yang sama untuk memberikan layanan pedoman rute jalan sesuai titik yang telah diatur. Nah, perbedaan mendasar dari kedua adalah Google Maps cenderung fokus menyajikan informasi berbasis data. Sedangkan untuk Waze lebih difokuskan untuk navigasi menggunakan informasi hasil dari masukkan dari pengguna.

Lantas sebagai pengguna smartphone yang akan mudik, mana yang harus dipilih untuk dipakai? Berikut techno.id telah merangkum nilai lebih dan kekurangan dari dua aplikasi ini.


(brl/guf)