Laptop anyar keluaran 2024 bakal menghadirkan tombol Microsoft Copilot AI di keyboard, ini fungsinya

Laptop anyar keluaran 2024 bakal menghadirkan tombol Microsoft Copilot AI di keyboard, ini fungsinya

Techno.id - Laptop Windows baru yang diperkenalkan pada tahun 2024 akan menampilkan tombol Copilot khusus di keyboard. Microsoft percaya bahwa tombol Copilot ini akan menyederhanakan dan memperkuat pengalaman komputasi pengguna.

Tombol Copilot akan ditempatkan di antara ALT dan CTRL di sisi kanan keyboard Windows. Ini menggantikan tombol Menu yang kurang dimanfaatkan. Menekan tombol Copilot akan meluncurkan panel perangkat lunak Copilot, yang berisi beberapa tindakan prasetel dasar dan antarmuka obrolan AI. Sayangnya, Microsoft belum mengumumkan pintasan keyboard apa pun yang menyertakan perangkat lunak Copilot.

Kamu dapat membuka Copilot dari keyboard apa pun dengan menggunakan pintasan Windows + C (sebelumnya pintasan Cortana). Kamu juga bisa memetakan Windows + C ke tombol Menu, dan itu akan memberi kamu efek yang sama.

Menurut Microsoft, tombol Copilot adalah perubahan signifikan pertama pada keyboard PC Windows sejak debut Windows key pada tahun 1994. Tetapi tombol emoji khusus telah menjadi hal biasa selama dekade terakhir, dan keyboard bermerek Microsoft mengganti tombol Menu dengan tombol Office pada tahun 2019.

Laptop anyar keluaran 2024 bakal menghadirkan tombol Microsoft Copilot AI di keyboard, ini fungsinya foto: microsoft

Namun, pernyataan Microsoft bukanlah hiperbola total. Tombol Copilot mewakili era baru Windows, dan setiap laptop yang berisi tombol ini akan mendapat dukungan dari Copilot AI.

Tombol ini mendorong Copilot ke setiap sudut sistem operasi Windows, karena AI akan menjadi bagian rutin dari tugas profesional dan sehari-hari. Saat ini Copilot masih merupakan fitur baru. Mungkin rata-rata pengguna masih belum terbiasa memanfaatkan fungsionalitas AI ini.

Microsoft mengatakan bahwa tombol Copilot akan muncul di laptop Windows 11 baru sepanjang tahun 2024. Microsoft belum mengumumkan OEM laptop mana yang akan menggunakan tombol ini. Kabar sebelumnya mengindikasikan bahwa Surface Laptop 6 dan Surface Pro 10 yang belum diumumkan secara resmi oleh Microsoft akan menggunakan tombol Copilot.

(brl/red)