Cara mudah memperbarui iOS, pastikan baterai cukup terisi daya agar pembaruan lancar

Cara mudah memperbarui iOS, pastikan baterai cukup terisi daya agar pembaruan lancar

Techno.id - Seperti kebanyakan tugas di iPhone, memperbarui perangkat cukup sederhana. Namun sebelum menginstal pembaruan sistem iPhone apa pun, kamu harus memiliki cadangan data saat ini. Opsi ini untuk memastikan bahwa jika prosesnya salah, kamu tidak perlu menyiapkan perangkat dari awal.

Untuk mencadangkan iPhone bisa dilakukan dengan dua metode, melalui iCloud atau komputer. Keduanya tidak sempurna, tetapi keduanya mudah dilakukan dan memungkinkan kamu melindungi data sebelum memperbarui.

Penting juga untuk memastikan penyimpanan iPhone kamu memiliki ruang sebelum menjalankan pembaruan. Sebab pembaruan iOS tidak akan berfungsi jika ruang penyimpanan perangkat kamu sangat terbatas.

Untuk mengetahui kapasitas penyimpanan, buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone untuk memastikan kamu memiliki setidaknya beberapa gigabyte. Jika kamu sudah memiliki cukup ruang pada perangkat, berikut cara memperbarui iOS iPhone kamu.

Cara memperbarui iOS di iPhone

Cara mudah memperbarui iOS, pastikan baterai cukup terisi daya agar pembaruan lancar foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara termudah dan paling umum untuk memperbarui iPhone ada di perangkat itu sendiri. Sebelum mulai, iPhone kamu harus terhubung ke Wi-Fi. Selain itu, level baterai perangkat kamu harus lebih dari 50%, karena ponsel yang kehabisan daya selama pembaruan dapat menyebabkan masalah serius. Karena itu ide yang baik untuk mencolokkan iPhone sebelum kamu memulai pembaruan untuk menghindari hal ini.

Untuk memperbarui, buka aplikasi Pengaturan dan pilih Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Kamu akan melihat detail pembaruan, jika tersedia, di layar berikutnya.

Jika kamu belum menjalankan iOS versi mayor terbaru, kamu mungkin melihat opsi untuk menerapkan pembaruan apa pun yang tersedia untuk versi iOS saat ini, selain menginstal versi mayor terbaru.

Disarankan untuk memperbarui saat versi iOS baru tersedia, opsi ini memberi kamu lebih banyak kontrol jika perlu menggunakan versi saat ini sedikit lebih lama. Jika ponsel kamu belum mengunduh pembaruan secara otomatis, ketuk Unduh dan Instal.

Ini menunjukkan Instal Sekarang sebagai gantinya jika sudah diunduh. Setelah siap, sebuah dialog akan muncul meminta kamu untuk mengonfirmasi dengan mengetuk Instal sekali lagi. Kamu juga dapat memilih untuk menjalankan pembaruan nanti. Kamu harus memasukkan kode sandi untuk mengonfirmasi pembaruan.

Jika terus mendapatkan kesalahan saat memverifikasi pembaruan, kamu mungkin perlu mengunduhnya kembali. Kamu dapat menghapus data pembaruan iOS dengan kembali ke Umum di aplikasi Pengaturan. Ketuk Penyimpanan iPhone, lalu temukan pembaruan iOS dalam daftar. Pilih dan pilih Hapus Pembaruan, lalu coba unduh ulang.

Ada baiknya kamu juga mengetuk Pembaruan Otomatis dan memastikan ponsel diatur untuk mengunduh dan menginstal pembaruan secara otomatis di masa mendatang.

Cara memperbarui iOS menggunakan komputer

Cara mudah memperbarui iOS, pastikan baterai cukup terisi daya agar pembaruan lancar foto: apple

Meskipun ini bukan metode yang umum akhir-akhir ini, kamu masih dapat menginstal pembaruan iPhone melalui iTunes atau Finder di komputer. Memperbarui dengan cara ini juga berguna jika kamu tidak memiliki sinyal Wi-Fi yang andal tetapi memiliki komputer dengan koneksi Ethernet.

Kamu mungkin juga lebih suka melakukan ini jika penyimpanan ponsel rendah. Karena file pembaruan diunduh ke komputer, iPhone kamu tidak memerlukan banyak ruang kosong untuk prosesnya.

Untuk memulai, sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel yang sesuai. Setelah kamu melakukannya ikuti langkah-langkah berikut.

1. Di Windows, buka iTunes dan klik ikon Perangkat yang muncul di kiri atas. Pastikan kamu berada di tab Ringkasan.

2. Di Mac, buka Finder dan klik nama iPhone kamu di bar samping kiri. Pastikan kamu berada di tab Umum.

3. Di kotak atas, klik Periksa Pembaruan (atau Perbarui jika sudah disiapkan). Informasi yang muncul akan memberi tahu tentang versi baru. Klik Unduh dan Instal. Kamu harus memasukkan kode sandi sebelum menerapkan pembaruan. Tetap sambungkan iPhone ke komputer hingga proses selesai.

(brl/red)