Android 15 yang menjadi dasar One UI 7 akan diumumkan dalam waktu dekat, ada fitur baru

Android 15 yang menjadi dasar One UI 7 akan diumumkan dalam waktu dekat, ada fitur baru

Techno.id - Sementara Samsung akan menyelesaikan rilis pembaruan One UI 6.0 berbasis Android 14, Google sudah berencana merilis tampilan pertama Android 15. Kabarnya Google berencana merilis Pratinjau Pengembang pertama Android 15 besok, Kamis (15/2). Pratinjau ini dapat mengungkapkan fitur baru apa yang dapat diharapkan dalam pembaruan perangkat lunak besar Samsung berikutnya.

Tanggal rilis Pratinjau Pengembang Android 15

Dalam komentar yang diposting melalui 9to5Google di situs web Android Open Source Project (AOSP), seorang pengembang di Google mengatakan bahwa versi Pratinjau Pengembang pertama Android V (Android 15) dijadwalkan akan dirilis pada 15 Februari 2024.

Nama kode internal V di Android V adalah singkatan dari Vanilla Ice Cream. Perlu dicatat bahwa Google mungkin terlambat merilis Pratinjau Pengembang pertama Android 15 dibanding saat Pratinjau Pengembang Android 14 pertama dirilis tahun lalu.

Pembaruan kemungkinan akan terbatas pada beberapa ponsel cerdas dan tablet Pixel. Sementara merek lain dapat merilis pembaruan Pratinjau Pengembang Android 15 untuk beberapa ponsel dalam beberapa bulan mendatang.

Android 15 yang menjadi dasar One UI 7 akan diumumkan dalam waktu dekat, ada fitur baru foto: droid-life

Meskipun Pratinjau Pengembang Android 15 belum dirilis, beberapa laporan mengungkapkan bahwa Google sedang membangun fitur baru bernama Private Space untuk Android 15. Ini mirip dengan Secure Folder, yang tersedia di ponsel cerdas dan tablet Samsung Galaxy.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi dan file tertentu di ruang yang dilindungi kata sandi di perangkat. Juga telah terungkap bahwa Google dapat membuat NFC independen dari pembaruan sistem operasi, yang berarti NFC dapat diperbarui seperti pembaruan aplikasi.

Pembaruan One UI 7.0

Samsung kemungkinan akan membangun lebih banyak fitur di atas Android 15. Diharapkan versi beta pertama One UI 7.0 (berbasis Android 15) akan dirilis pada kuartal ketiga tahun 2024, dan pembaruan One UI 7.0 yang stabil dapat dirilis ke ponsel dan tablet Galaxy yang memenuhi syarat pada kuartal keempat 2024.

Sementara itu, Samsung akan merilis pembaruan One UI 6.1 untuk puluhan smartphone dan tablet Galaxy dalam 2-3 bulan ke depan. Rencananya ada beberapa fitur baru dan perubahan desain yang dibawa One UI 6.1.

(brl/red)