7 Teknologi baru Apple dari gelaran WWDC 2023, segudang fitur iOS 17 curi perhatian publik

7 Teknologi baru Apple dari gelaran WWDC 2023, segudang fitur iOS 17 curi perhatian publik

7 Teknologi baru Apple.

1. Vision Pro

Kehadiran headset berbasis AR/VR telah santer cukup lama dirumorkan. Pengenalan Vision Pro ini merupakan salah satu peluncuran terbesar sejak Apple Watch. Vision Pro adalah kombinasi antara augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Apple jelas bermaksud agar headset ini menjadi perpanjangan dari ekosistem Apple yang dimiliki penggunanya saat ini. Oleh karena itu, Vision Pro memiliki semua aplikasi Apple yang sama seperti iPhone dan dapat mengakses foto, video, dan kontak panggilan.

Adanya rangkaian sensor dan kamera di bagian depan perangkat memungkinkan penggunanya melihat rumahnya melalui Vision Pro, mirip dengan fitur Passthrough pada Meta Quest. Apple bermaksud agar pengguna Vision Pro menggunakannya di sekitar rumah sebagai tempat untuk membuat ruang augmented reality-nya sendiri.

Aplikasi dapat ditempatkan di ruang fisik dan diperluas atau diperkecil sesuai kebutuhan, dan perangkat ini dapat diikat agar tetap berada di posisinya saat pengguna bergerak. Pengguna Vision Pro dapat menyesuaikan tingkat imersi yang dimilikinya (tingkat transparansi) menggunakan Digital Crown.

2. MacBook Air 15 inci

Apple mengklaim perilisan MacBook Air 15 inci sebagai laptop 15 inci terbaik yang ada di dunia. Dengan desain yang tipis, ringan, namun tahan lama, dilengkapi dengan prosesor Apple M2 yang sangat kuat, dan layar Retina yang indah dengan ukuran 15,3 inci. Mirip dengan Macbook Air 13 inci dengan M2 namun dengan ukuran yang lebih besar.

Tersedia dalam empat pilihan warna dan dilengkapi dengan port pengisian MagSafe, dua port USB-C, dan jack headphone. Layar perangkat ini memiliki kecerahan hingga 500 nit dan dilengkapi dengan webcam 1080 di bagian atas dan enam speaker spasial di bagian bawah. Apple mengklaim bahwa baterainya dapat bertahan hingga 18 jam.

3. Mac Studio baru dan Mac Pro

Mac Studio adalah Mac dalam versi desktop dengan ukuran kecil. Dalam gelaran WWDC ini, MacStudio akan mendapat versi terbaru dengan ini baru dan kuat dari Apple. Kini tersedia versi M2 Max dan M2 Pro dari Mac Studio, tetapi Mac Studio baru juga akan menggunakan chip Apple baru yang diberi nama Apple M2 Ultra.

M2 Ultra adalah gabungan dari dua prosesor M2 Pro yang sangat kuat dan mampu mengedit 22 aliran rekaman ProRes 8K dalam Final Cut Pro, serta memiliki kecepatan 6 kali lebih cepat daripada Mac Pro tercepat yang menggunakan prosesor Intel.

Mac Studio bukan satu-satunya produk Mac yang menggunakan M2 Ultra. Ada juga Mac Pro baru dengan M2 Ultra, yang memberikan Mac Pro peningkatan yang sangat dibutuhkan dan kuat dengan CPU 24-core dan GPU 76-core. Mac Pro baru ini dilengkapi dengan delapan port Thunderbolt, enam slot ekspansi untuk penyesuaian, dan tersedia dalam bentuk menara dan rak pemasangan.

4. iOS 17

7 Teknologi baru Apple dari gelaran WWDC 2023, segudang fitur iOS 17 curi perhatian publik

foto: digitaltrends.com/Mark Jansen

Pengungkapan tentang apa saja yang akan dibawa oleh iOS 17 tentu menjadi salah satu bagian penting acara WWDC. Kali ini tidak ada fitur yang mencuri perhatian secara besar-besaran. Apple lebih fokus pada peningkatan kualitas daripada penambahan fitur baru yang canggih.

iOS 17 menambahkan "poster" kontak pribadi saat ditelepon oleh kontak tertentu, memberikan pengguna kemampuan untuk menyesuaikan tampilan kontaknya dengan cara yang sama seperti menyesuaikan tampilan kunci layar.

Itu bukan satu-satunya bagian dari aplikasi Telepon yang diperbarui, karena Apple juga menambahkan Voicemail Langsung. Fitur ini, mirip dengan Call Screen pada Google Pixel, menawarkan transkrip real-time dari pesan suara, sehingga penggunanya dapat memutuskan apakah ingin mengangkat panggilan atau tidak. Terakhir, FaceTime juga mendapatkan voicemail video, sehingga pengguna dapat meninggalkan pesan untuk seseorang bahkan jika mereka tidak tersedia pada saat itu.

Fitur lainnya juga mendapat peningkatan seperti AirDrop, autokoreksi pada keyboard, perubahan pada layar kunci, peningkatan aplikasi pesan, Check-In dan masih banyak lagi lainnya.

5. Aplikasi Journal

Aplikasi jurnal yang dikembangkan dengan lebih baik. Aplikasi baru Apple ini akan menggunakan pembelajaran mesin untuk mendorong pengguna untuk menambahkan detail hari mereka, bersama dengan pemikiran dan perasaan mereka.

Foto dan Peta akan terintegrasi dalam pengalaman ini, memberikan dorongan dan konten tambahan untuk entri harian penggunanya. Semua pemrosesan akan dilakukan di perangkat untuk memastikan keamanan pengguna. Menulis jurnal adalah teknik kesadaran diri yang dikenal, jadi mudah melihat ini sebagai bentuk kepedulian Apple yang lebih jauh ke dunia kesehatan fisik dan mental.

6. iPadOS 17

Apple iPadOS 17 akan mendapatkan banyak pembaharuan dan penyesuaian yang sama seperti iOS 17, tetapi dengan beberapa tambahan khusus untuk sistem operasi berlayar besar.

Widget akan mendapatkan perbaikan dalam iPadOS 17, dan pengguna akan dapat berinteraksi dengan cepat dengan widget mana pun di layar utama tanpa perlu beralih ke aplikasi widget tersebut. Kustomisasi layar kunci juga hadir di iPadOS 17, yang berarti pengguna dapat menyesuaikan layar kunci iPad agar sesuai atau berbeda dengan layar kunci iPhone milik pengguna, dengan keuntungan dapat melihatnya di layar yang jauh lebih besar.

Live Activities juga hadir di layar kunci iPadOS, serta kemampuan untuk menampilkan beberapa pengatur waktu secara bersamaan. Aplikasi Health dan dukungan terhadap PDF juga ikut ditingkatkan

7. Audio dan Video

AirPods mendapatkan kemampuan baru. Adaptive Audio menggabungkan Fitur Pembatalan Kebisingan dan Mode Transparansi untuk secara cerdas menyesuaikan dan beralih antara mode audio yang diperlukan. Jadi, suara-suara yang mengganggu akan disaring, sementara hal-hal penting akan di-highlight.

Conversation Awareness berperan dalam hal ini dengan secara otomatis menurunkan volume musik ketika mendeteksi penggunanya mulai berbicara dengan seseorang dan memfokuskan Mode Transparansi pada lawan bicara. AirPlay dan sistem operasi TV Apple juga tak ikut ketinggalan mendapat pembaruan.

Beberapa teknologi yang tak kalah pentingnya diumumkan mendapat pembaruan dalam gelaran ini seperti aplikasi kesehatan mental dan fisik, watchOS 10, dan macOS Sonoma.

(brl/guf)