Android 14 dikabarkan punya fitur battery health bawaan, jadi mirip iOS nih

Android 14 dikabarkan punya fitur battery health bawaan, jadi mirip iOS nih

Techno.id - Android dan iOS seringkali meniru fitur satu sama lain. Hal tersebut seringkali menimbulkan perdebatan diantara fans tentang siapa yang membuat sebuah fitur terlebih dahulu. Meskipun demikian, aksi 'tiru-meniru' fitur ini tetap dilakukan dua sistem operasi ini.

Android 14 yang merupakan versi terbaru dikabarkan memiliki fitur yang terdapat di iOS. Dilansir dari GSMArena, Google menambahkan beberapa API BatteryManager pada Android 14 versi beta yang merupakan sebuah API publik. Artinya, API tersebut dapat menyediakan informasi terkait cycle count dan charging status. Selain itu, API lainnya menyediakan data-data seperti tanggal baterai dibuat dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, data yang diambil dari fitur tersebut kemungkinan kurang akurat. Dilansir dari androidcentral, hal ini karena untuk mendeteksi statistik sebuah baterai memerlukan berbagai aspek pendukung. Pembacaan statistik baterai API hanya terjadi ketika dideteksi charging IC. Padahal, fitur seperti ini juga membutuhkan dukungan Hardware Abstraction Layer (HAL)

API tersebut memungkinkan Google menambahkan fitur battery health secara bawaan di Android 14. Meski Google belum mengkonfirmasi terkait hal ini namun basis fitur ini sudah tersedia. Fitur ini cukup penting pada sebuah smartphone.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)