7 Tips menghemat kuota internet biar nggak menguras kantong, batasi penggunaan data

7 Tips menghemat kuota internet biar nggak menguras kantong, batasi penggunaan data

Techno.id - Berselancar di dunia maya saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Mulai dari urusan mencari informasi hingga hiburan, termasuk mengakses media sosial. Tentu saja untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan kuota internet dari penyedia jaringan selular.

Nah berbagai aplikasi yang ada di smartphone, semuanya membutuhkan kuota data internet untuk digunakan. Bahkan ketika tidak digunakan pun sejumlah aplikasi yang berjalan di background terkadang tetap menyedot kuota internet yang ada. Hal ini jelas membuat kuota kamu cepat habis.

Karena itu sebaiknya kamu menggunakan ponsel secara bijak dan selalu memperhatikan jumlah kuota internet yang ada. Berikut tips agar kuota internet kamu hemat yang sudah dirangkum Techno.id.

1. Pilih resolusi video kecil dan jangan lupa menutup platform video saat tidak ditonton

7 Tips menghemat kuota internet biar nggak menguras kantong, batasi penggunaan data (Foto : Unsplash/Souvik Banerjee)

Menonton video dari platform streaming seperti YouTube atau saluran lainnya sebenarnya sangat seru dan menyenangkan. Namun, jika kamu tidak dapat mengontrolnya, maka kuota kamu akan cepat tersedot. Sebut saja jika kamu menonton video SD atau 480p, sedikitnya kamu membutuhkan 300MB per jam.

Sedangkan untuk streaming video HD atau 720p, kamu membutuhkan sekitar sekitar 700 MB per jam. Sementara untuk video dengan resolusi 1080p, kamu membutuhkan Internet hingga 3 GB per jam. Karena itu sebaiknya kamu memilih resolusi video yang kecil untuk menghemat kuota.

Selain itu, ingatlah untuk selalu menutup aplikasi streaming video saat tidak ditonton. Jangan biarkan aplikasi tersebut berjalan di background karenma tetap dapat menyedot kuota internet kamu.

2. Matikan data saat tidak digunakan

7 Tips menghemat kuota internet biar nggak menguras kantong, batasi penggunaan data (Foto: Freepik.com/beshenayabelka)

Beberapa aplikasi tetap berfungsi bahkan saat tidak digunakan. Secara umum, aplikasi yang tetap hidup di latar belakang tetap membutuhkan data selular. Karena itu, meskipun kamu menyimpan ponsel dan tidak memainkannya, data seluler kamu akan tetap berfungsi dan berkurang. Sebagai solusinya, matikan data seluler saat ponsel tidak digunakan. Misalnya saat kamu sedang tidur atau melakukan aktivitas lain.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)