5 Aplikasi info arus mudik Lebaran terpercaya, bantu pengguna terhindar dari kemacetan

5 Aplikasi info arus mudik Lebaran terpercaya, bantu pengguna terhindar dari kemacetan

Techno.id - Hari Lebaran menjadi momen ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Negara dengan penduduk mayoritas muslim ini selalu merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar di kampung halaman.

Lebaran juga identik dengan agenda mudik. Apa itu mudik? Tentu bagi para perantau, sudah tidak asing lagi mengenai mudik. Bahkan mudik seakan menjadi agenda tahunan bagi mereka yang mencari rezeki di tanah rantau.

Mudik atau bisa diartikan pulang ke kampung halaman adalah agenda rutin pulang ke kampung halaman, bertemu keluarga besar, dan merayakan momen Hari Raya Idul Fitri bersama. Mudik menurut sejarah diambil dari bahasa Jawa yang artinya 'Mulih dilik' atau pulang sebentar, tak lepas dari sebuah perjalanan. Orang-orang berbondong-bondong bermigrasi dari kota besar kembali ke berbagai pelosok negeri ini.

Maka tak heran, saat mudik lebaran jalanan menjadi ramai lancar atau bahkan mengalami kemacetan panjang. Terlebih dapat dipastikan, moda transportasi umum akan penuh mulai dari sebelum sampai beberapa hari sesudah Lebaran.

Oleh karena itu, bagi sobat yang ingin mudik lebaran, silakan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mulai dari kesehatan fisik sampai faktor pendukung lainnya, seperti kondisi kendaraan, persiapan biaya, serta rute yang harus dipilih.

Nah, berkat adanya teknologi gadget masa kini, seseorang bisa dipermudah dengan hadirnya berbagai platform aplikasi yang memudahkan mana kala mudik Lebaran tiba. Lantas apa saja aplikasinya? Berikut techno.id rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/4).


(brl/guf)