5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya

5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya

Aplikasi non Google

3. Otter

5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya foto: play.google.com

Ponsel kamu mungkin sudah memiliki aplikasi perekaman suara bawaan. Tapi biasanya perekam bawaan tersebut merupakan aplikasi yang hanya untuk mendengarkan kembali rekaman sebelumnya, membaginya dengan orang lain, mengganti nama file, atau menghapusnya.

Nah jika ingin memiliki aplikasi perekam suara yang berbeda, kamu bisa mencoba Otter. Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan kamu merekam audio dan menyimpannya sebagai file yang dapat didengarkan kembali, tetapi juga mentranskripsikan rekaman ke dalam teks. Hal ini memungkinkan kamu untuk meninjaunya dalam format yang dapat dibaca.

Fitur sederhana ini berguna saat merekam audio untuk wawancara atau rapat yang memerlukan catatan dan notulen yang dibagikan di antara peserta. Setiap typo dalam transkripsi dapat dengan mudah diperbaiki secara manual.

Akun Otter versi gratis memberi pengguna batas 300 menit pada rekaman yang akan diatur ulang dalam waktu satu bulan. Dengan aplikasi ini, kamu juga dengan mudah mencari transkrip yang dihasilkan untuk kata kunci tertentu dan mengekspornya ke file teks yang dapat dibagikan.

Jika ingin merekam yang lebih lama dri 300 menit, kamu bisa mencoba versi berbayar Otter Pro seharga USD 16,99 atau sekitar Rp 250 ribuan per bulan. Versi ini menyediakan lebih banyak format ekspor file, mengimpor audio yang direkam sebelumnya, dan fitur tambahan lainnya.

4. Aplikasi penerjemah bahasa

5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya foto: play.google.com

Salah satu aplikasi utilitas yang perlu kamu simpan di ponsel adalah penerjemah bahasa. Apalagi buat kamu yang suka traveling. Aplikasi ini sangat dibutuhkan. Mungkin selama ini kamu mengandalkan Google Translate yang bisa menerjemahkan 133 bahasa.

Kamu juga dapat menggunakan fungsi mikrofon internal untuk merekam dialek lisan agar lebih mudah diterjemahkan atau menggunakan kamera untuk menguraikan kata-kata asing pada semua jenis papan nama.

Tapi, selain Google Translate, kamu juga bisa mengandalkan sejumlah aplikasi penerjemah yang popular di Android seperti DeepL Translate, Papago, dan Talking Translator, yang semuanya memiliki jutaan unduhan dan peringkat tinggi di angka 4,7 dari 5 bintang.

5. Pengelola kata sandi

5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya foto: play.google.com

Setiap pengguna Android yang aktif di internet melalui berbagai platform, layanan, dan aplikasi online akan memerlukan cara cepat dan mudah untuk menyimpan kata sandi di perangkat seluler mereka. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengunduh aplikasi manajemen kata sandi.

Beberapa aplikasi pengelola kata andi di luar Google yang cukup popular adalah Bitwarden, Dashlane, dan Norton. Beberapa aplikasi tersebut dapat membantu kamu memodifikasi kata sandi yang dimiliki menjadi string karakter yang lebih rumit dan sulit dipecahkan. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan tanpa perlu mengingat kata sandi kamu secara manual.

(brl/red)