Cara mudah mencari jurnal di Google, banyak artikel terkini dengan beragam topik penelitian

Cara mudah mencari jurnal di Google, banyak artikel terkini dengan beragam topik penelitian

Techno.id - Google sebagai mesin pencari populer dan mudah diakses, menyediakan akses cepat dan luas terhadap berbagai jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu. Saat mencari jurnal di Google, para peneliti dapat menggunakan kata kunci atau frasa terkait topik penelitian mereka. Pencarian ini membantu menemukan artikel-artikel terkini yang relevan dengan topik yang sedang diteliti.

Melalui pencarian ini, para peneliti dapat memperoleh informasi penting tentang konsep, teori, metodologi, temuan, dan diskusi terkait topik penelitian mereka. Hal ini memungkinkan mereka membangun dasar pengetahuan yang kuat sebelum melanjutkan ke tahap analisis dan interpretasi data.

Dengan begitu, aktivitas mencari jurnal di Google memainkan peran krusial dalam memperoleh pengetahuan terkini, membangun dasar penelitian yang solid, dan meningkatkan kredibilitas penelitian yang dilakukan.

Selain mencari secara langsung di pencarian Google, layanan yang dimilikinya dengan fungsi khusus untuk mencari tulisan ilmiah adalah Google Scholar. Google Scholar adalah mesin pencari daring yang dikembangkan Google dan dirancang khusus untuk mencari publikasi ilmiah dan akademik.

Tujuan utama Google Scholar adalah mempermudah akses terhadap sumber daya ilmiah yang diverifikasi, seperti artikel jurnal, tesis, buku, makalah konferensi, dan laporan teknis. Layanan ini membantu para peneliti, mahasiswa, dan profesional dalam menemukan literatur ilmiah terkini dan mengakses pengetahuan yang relevan dalam berbagai bidang.

Lalu bagaimana cara untuk melakukannya? Techno.id telah merangkum dari COM Library pada Sabtu (3/6), cara mudah mencari jurnal di Google.

Cara mudah mencari jurnal di Google, banyak artikel terkini dengan beragam topik penelitian foto: freepik.com

1. Buka Google dalam browser pada perangkat baik laptop pun komputer, ketik dalam penelusuran Google Scholar. Lalu pilih laman yang paling atas ditampilkan dalam daftar scholar.google.com.

2. Ketik lalu cari topik jurnal yang ingin ditemukan

3. Klik ikon amplop di sidebar halaman hasil pencarian

4. Masukkan alamat email yang dimiliki, lalu klik Buat peringatan

5. Google akan secara berkala mengirimkan email yang berisi makalah yang baru diterbitkan yang sesuai dengan kriteria pencarian.

(brl/red)