5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya

5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya

Techno.id - Setiap ponsel Android pasti dilengkapi serangkaian aplikasi yang dapat membantu pengguna menyelesaikan tugas sehari-hari. Umumnya aplikasi tersebut disediakan Google yang diunduh melalui Play Store. Sebut saja aplikasi utilitas milik Google seperti Google Maps yang sudah terinstal secara otomatis saat membeli smartphone.

Pengguna juga dapat dengan mudah menginstal beberapa aplikasi Google seperti Google Find My Device yang berguna untuk melacak ponsel yang hilang. Meski tiap smartphone sudah memiliki aplikasi bawaan, namun umumnya pengguna kerap ingin menginstal aplikasi lain yang tidak ada dalam daftar aplikasi bawaan.

Nah dari sekian banyak aplikasi yang ada, kamu juga dapat menginstal aplikasi di luar Google yang dapat membantu berbagai tugas kamu. Berikut 5 aplikasi non-Google yang wajib ada di ponsel Android kamu.

1. Any.do

5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya foto: play.google.com

Google sebenarnya memiliki beberapa aplikasi yang cukup membantu pengguna untuk menyelesaikan tugas seperti Google Kalender yang dapat membantu menjadwalkan aktivitas kamu. Lalu ada juga Google Keep yang dapat membuat catatan cepat dan daftar periksa.

Namun jika ingin menjelajahi aplikasi di luar Google dengan fungsi yang serupa, kamu bisa mencoba beberapa alternatif aplikasi kalender yang berfungsi ganda sebagai pelacak tugas, salah satunya Any.do.

Aplikasi ini dapat membuat dan mengklasifikasikan daftar aktivitas serta mengatur pengingat untuk memastikan pengguna menyelesaikan tugas tepat waktu. Sebagai aplikasi produktivitas all-in-one, Any.do sangat disukai editor Play Store. Tak heran jika aplikasi ini mendapat nilai baik di angka 4,4 dari 5 bintang. Sampai saat ini aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan.

2. Notepad

5 Aplikasi Android non-Google yang wajib ada di ponsel kamu, ini fungsinya foto: play.google.com

Aplikasi lain yang patut dipertimbangkan adalah Notepad. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat semua jenis catatan dan mengaturnya dengan cara yang paling sesuai dengan preferensi pengguna.

Antarmuka aplikasi ini juga sangat sederhana dan ramah pengguna. Kamu dapat membuat catatan atau daftar periksa dan menyimpannya. Catatan atau daftar apa pun yang kamu simpan dapat dengan mudah dicari di dalam aplikasi, dapat diurutkan berdasarkan tanggal atau judul, dan dapat langsung diedit atau dihapus. Catatan tersebut juga dapat dicadangkan baik melalui Google Drive atau langsung ke perangkat seluler kamu. Sampai saat ini, Notepad memiliki nilai 4,7 dari 5 bintang dan lebih dari 10 juta unduhan di pasar aplikasi Android.

(brl/red)