Bixby Samsung bakal mendapatkan fitur AI seperti ChatGPT dan menjadi lebih pintar di masa depan

Bixby Samsung bakal mendapatkan fitur AI seperti ChatGPT dan menjadi lebih pintar di masa depan

Techno.id - AI generatif merupakan topik yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Tak heran jika sebagian besar perusahaan teknologi sedang berupaya memperkenalkannya ke perangkat mereka, salah satunya Samsung.

Seperti dilaporkan Android Authority, saat ini Samsung dikabarkan akan membenamkan AI generatif pada asisten digital Samsung, Bixby agar lebih pintar. Samsung tampaknya ingin mendefinisikan ualng peran Bixby dengan AI generatif

Informasi tersebut dikonfirmasi eksekutif Samsung dalam sebuah wawancara dengan CNBC. Won-joon Choi, Wakil Presiden Eksekutif Bisnis Selular Samsung mengatakan bahwa Bixby akan menjadi lebih pintar di masa depan berkat teknologi generatif AI dan LLM (large language model).

Bixby Samsung bakal mendapatkan fitur AI seperti ChatGPT dan menjadi lebih pintar di masa depan foto: samsung

Bixby adalah asisten digital Samsung yang diluncurkan pada tahun 2017. Ini mirip dengan Asisten Google dan Siri Apple. Galaxy AI sekarang telah diperkenalkan ke banyak aplikasi dan layanan Samsung tetapi belum hadir di asisten. Nantinya, AI generatif akan benar-benar disematkan pada asistne digital Samsung ini.

Sayangnya sejauh ini, belum ada detail tambahan bagaimana Samsung memasukkan teknologi tersebut ke dalam Bixby. Tidak jelas apakah Bixby akan menjadi chatbot AI yang lengkap seperti ChatGPT.

Sebelumnya, Samsung menyatakan Galaxy AI akan hidup berdampingan dengan Bixby di ponsel Galaxy. Eksekutif Samsung tidak memberikan garis waktu kapan Bixby akan mendapatkan lebih banyak otak, tetapi menyatakan bahwa Samsung bekerja sangat keras untuk membawa AI ke dalam asisten digital mereka.

(brl/red)