4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak

4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak

Techno.id - Kamu hobi memasak? Di era digital seperti sekarang, kamu bisa mengasah hobi kamu itu layaknya chef profesional. Maklum saat ini banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk meracik berbagai jenis makanan.

Kamu tidak hanya bisa menemukan ribuan resep, tapi juga dapat memperbarui daftar belanjaan, termasuk menyimpan resep buatan kamu di aplikasi. Berikut lima aplikasi Android yang kamu butuhkan untuk aktivitas di dapur yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. COOKmate, aplikasi untuk menyimpan resep

4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak foto: play.google.com

Selama ini mungkin kamu menyimpan atau menulis resep di buku catatan sendiri. Menyimpan resep masakan buatan sendiri dalam buku catatan fisik tampaknya merupakan hal yang paling mudah dilakukan.

Namun di era digital seperti sekarang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi COOKmate untuk manajemen resep. Aplikasi pengatur resep ini dirancang untuk menyimpan semua kreasi kuliner favorit kamu dan membuat pencarian resep semudah membuat kue.

Ketika kamu menambahkan resep ke aplikasi, tidak hanya dapat menyertakan nama, gambar, bahan, dan langkah-langkah, tetapi juga detail lain yang relevan seperti kategori (misalnya, hidangan utama, hidangan pembuka, hidangan penutup), tag, waktu memasak, informasi nutrisi, dan bahkan peringkat bintang pribadi kamu untuk hidangan tersebut.

Selain resep yang kamu buat sendiri, COOKmate juga memungkinkan kamu menambahkan resep dari sumber pihak ketiga seperti blog memasak dan buku masak digital.

Fitur lain yang berguna dari aplikasi ini adalah perencana makanan. Pada dasarnya, ini adalah kalender di mana kamu bisa menjadwalkan hidangan apa yang ingin disiapkan untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan untuk beberapa hari ke depan.

Setelah kamu menyiapkan rencana makan, COOKmate dapat membuat daftar belanja yang disesuaikan berdasarkan bahan-bahan yang ada di dalam resep yang dijadwalkan. Tidak perlu menuliskan setiap item, cukup ketuk ikon tas belanja, dan kamu sudah siap.

Kelemahan COOKmate adalah versi gratisnya hanya mengizinkan kamu menyimpan maksimal 60 resep dan satu daftar belanja. Kamu juga akan berurusan dengan iklan yang terus-menerus dan mengacaukan antarmuka. Kamu harus melakukan upgrade untuk menghilangkan batasan ini.

2. Plant Jammer, aplikasi untuk menghasilkan resep yang mencegah pemborosan makanan

4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak foto: play.google.com

Aplikasi ini tidak seperti COOKmate, yang mencatat resep pribadi. Plant Jammer membuat resep baru dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan bahan-bahan yang kamu miliki, dan aplikasi ini akan menampilkan daftar resep yang menyertakan bahan-bahan tersebut. Daftar ini dapat disaring berdasarkan jenis hidangan (misalnya, tumisan, semur, hidangan oven). Selain itu, ada pilihan untuk melihat resep yang mudah, sehat, atau berkelanjutan.

Setiap resep di aplikasi ini memberi tahu kamu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan makanan, berapa banyak porsi yang bisa dibuat, dan apa saja bahan-bahannya. Hal ini akan membantu kamu memutuskan apakah resep tersebut ingin kamu masak. Jika kamu melewatkan bahan tertentu yang diperlukan dalam resep, Plant Jammer dengan mudah memeriksa apa yang bisa diganti.

Kamu juga dapat menyesuaikan jumlah porsi untuk mengakomodasi lebih banyak orang, dan jumlah bahan akan secara otomatis menyesuaikan. Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah setiap resep dapat dengan mudah dibagikan, menggunakan tautan, dengan keluarga dan teman. Plant Jammer cukup minimal dan ramah pengguna. Kamu juga tidak perlu membuat akun untuk menggunakannya.

(brl/red)