Begini cara mengakses GPT-4 yang baru diluncurkan di ChatGPT

Begini cara mengakses GPT-4 yang baru diluncurkan di ChatGPT

Techno.id - Sejak memulai debutnya pada November 2022, ChatGPT menjadi andalan pada lansekap kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Sejak saat itu ChatGPT menjadi chatbot yang sangat popular. Kini model bahasa besar GPT-4 telah dirilis.

Iterasi keempat dari keluarga GPT yang dikembangkan OpenAI ini merupakan penerus model GPT-3, yang menggerakkan chatbot AI viral ChatGPT. Seperti pendahulunya, GPT-4, dirancang untuk menghasilkan teks yang mirip dengan manusia yang mampu menyelesaikan tugas-tugas seperti meringkas dan menerjemahkan bahasa, bahkan menghasilkan tulisan kreatif seperti puisi, lirik musik, dan fiksi.

Mesin ini telah dilatih dengan korpus data teks yang sangat besar dan dapat melakukan berbagai tugas pemrosesan bahasa alami dengan akurasi dan kefasihan yang mengesankan.

GPT-4 memang sangat ditunggu para komunitas AI karena diklaim dapat memecahkan masalah yang sulit dengan akurasi yang lebih tinggi. Lantas bagaimana pengguna dapat mengaksesnya?

Cara mengakses GPT-4 di ChatGPT

Begini cara mengakses GPT-4 yang baru diluncurkan di ChatGPT

foto: freepik/user850788

OpenAI menempatkan model GPT-4 terbarunya yang paling ramping dalam paket berlangganan bulanan seharga USD20 atau sekitar Rp 305 ribu. Nah jika kamu sudah menggunakan paket berbayar, maka bisa mengganti model GPT akun kamu dari GPT-3.5 default ke GPT-4 sesuai permintaan. Hal ini memungkinkan kamu beralih di antara kedua model.

Bagi pengguna gratis, untuk memulai GPT-4, kamu memerlukan langganan ChatGPT Plus. Untuk meng-upgrade akun ChatGPT ke paket premium ChatGPT Plus begini caranya.

Begini cara mengakses GPT-4 yang baru diluncurkan di ChatGPT foto: openai

1. Kunjungi ChatGPT.

2. Di bagian bawah bilah sisi kiri antarmuka obrolan, cari dan klik Upgrade to Plus.

3. Kamu akan mendapatkan pop-up yang membandingkan paket gratis dan paket ChatGPT Plus. Tekan tombol hijau Upgrade Plan.

4. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman untuk memberikan detail kartu kredit dan informasi penagihan lain. Berikan semua informasi yang diperlukan dan lakukan pembayaran.

5. Setelah pembayaran kamu akan dikonfirmasi. Setelah itu kamu akan memiliki akses ke model OpenAI GPT-4 di samping model GPT-3.5 default dan model lawas GPT-3.5 yang lebih lama.

6. Pilih model GPT-4 dari menu tarik-turun pada antarmuka obrolan ChatGPT kamu, pilih mode yang diinginkan, dan mulailah menggunakan GPT-4 dengan ChatGPT.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa kamu menggunakan model GPT-4 adalah dengan memeriksa warna logo OpenAI yang mendahului respons ChatGPT. Untuk model GPT-3.5 diawali dengan logo hijau-putih, sedangkan GPT-4 diawali dengan logo hitam-putih.

(brl/red)