4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak

4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak

Aplikasi memasak

3. KITCHENPal, aplikasi untuk melacak barang-barang dapur

4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak foto: play.google.com

KITCHENPal berfungsi seperti lemari digital, di mana kamu dapat melihat semua barang yang dimiliki saat ini, beserta jumlah dan tanggal kedaluwarsanya. Ada tiga cara untuk menambahkan barang ke lemari digital ini.

Mencarinya di basis data dalam aplikasi, menyebutkan nama barang, atau memindai kode batangnya. Setelah menambahkan barang, kamu dapat memodifikasi informasi produk, seperti jumlah, tanggal kedaluwarsa, jumlah yang tersisa, harga, dan bahkan informasi nutrisi.

Kamu juga dapat menyortir barang ke dalam lokasi penyimpanan yang sesuai (misalnya, freezer, kulkas, dapur) agar lebih mudah ditemukan. Ketika kamu memiliki barang yang hampir kedaluwarsa, KITCHENPal akan mengirimkan notifikasi yang memberitahu kamu untuk menggunakan produk tersebut sebelum membusuk.

Fitur bagus lainnya dari aplikasi ini adalah daftar belanjanya yang cerdas. Daftar ini secara otomatis terisi dengan barang-barang dapur yang sudah kamu gunakan. Artinya, saat berbelanja berikutnya, kamu tidak perlu mencari-cari di dapur untuk mencari barang yang harus dibeli. Semuanya akan langsung muncul di daftar belanja.

KITCHENPal gratis, tetapi jika kamu menginginkan fitur tambahan seperti perencana makanan, item dapur tak terbatas, dan lokasi penyimpanan khusus, kamu perlu berlangganan layanan premium.

4. NomNom, aplikasi untuk mengonversi satuan dan porsi

4 Aplikasi Android yang kamu butuhkan di dapur, cocok untuk mereka yang hobi memasak foto: play.google.com

Aplikasi pengonversi masakan ini dirancang oleh seorang ibu rumah tangga. NomNom memudahkan kamu mengonversi satuan AS atau Inggris ke metrik dan sebaliknya. Aplikasi ini dapat membantu kamu dengan satuan massa (misalnya kilogram, ons), volume (misalnya liter, sendok teh, cangkir), suhu (misalnya Celcius, Fahrenheit), dan bahkan panjang (misalnya inci, sentimeter).

Cukup masukkan jumlah yang ingin kamu konversi dan pilih unit yang ingin dikonversi. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan jumlah yang setara. Untuk membuatnya lebih nyaman, ada bahan-bahan pada aplikasi dengan konversi unit yang telah ditentukan sebelumnya, jadi kamu tidak perlu memilih unit secara manual. Kamu juga dapat menyematkan konversi yang telah dibuat sebelumnya untuk digunakan di masa mendatang.

Selain mengonversi unit, NomNom juga mengonversi porsi. Katakanlah kamu memasak untuk keluarga beranggotakan lima orang, tetapi resep yang kamu miliki hanya menghasilkan tiga porsi. Cukup masukkan nomor porsi dan jumlah bahan resep, bersama dengan jumlah porsi yang kamu inginkan. NomNom akan memberikan jumlah bahan baru yang sesuai. Tidak perlu lagi menebak-nebak.

(brl/red)