CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 27 November 2015 09:00

Tak ingin terjebak macet di kota metropolitan? Buka app ini dulu dong!

Surabaya Traffic adalah platform all-in-one untuk lalu lintas. Mulai dari kemacetan hingga kondisi cuaca, semua terangkum di sini.

Tak ingin terjebak macet di kota metropolitan? Buka app ini dulu dong!

Techno.id - Rasanya, tak ada pengguna jalan di dunia ini yang ingin terjebak macet. Apalagi bagi kelompok masyarakat yang mobilitasnya tinggi, kemacetan tentunya adalah momok. Sayangnya, hal itu terbilang susah, terlebih di kota besar seperti Surabaya. Kira-kira, adakah solusi terbaiknya saat ini?

Tentu ada dan Surabaya Traffic-lah salah satu opsi yang bisa Anda manfaatkan. Aplikasi buatan Johan Limantono ini adalah platform all-in-one untuk urusan lalu lintas. Beragam topik, mulai dari kondisi jalan-jalan di Kota Pahlawan, cuaca, banjir, sampai kecelakaan dan jalan yang rusak atau ditutup, bisa dilaporkan dan dilihat dari sini. Jadi dengan mengetahui kondisi medan yang bakal Anda tempuh, Anda pun bisa memperkirakan langkah apa yang harus diambil sebelum hal yang tak diinginkan, yakni terjebak macet, terjadi.

Tak sampai di sana saja, Anda juga bisa berinteraksi serta berteman dengan user lain lewat fitur 'Pesan' dan 'Teman'. Caranya, tap saja hamburger menu di sebelah kiri atas.

Uniknya, aplikasi ini tak mengharuskan Anda untuk terdaftar kalau sekadar memantau laporan dari user lain. Log in ke Surabaya Traffic hanya diperlukan kalau Anda ingin ikut berkontribusi menyumbang informasi di kawasan yang sedang Anda lalui dan menikmati keseluruhan fitur yang disediakan.

Saat diuji oleh Techno.id di smartphone Android KitKat, aplikasi Surabaya Traffic di versi 1.0.8 berjalan dengan baik. Proses upload informasi, baik untuk teks saja maupun dengan gambar, juga bekerja dengan semestinya. Namun, dikarenakan aplikasi ini baru saja dirlis, penggunanya pun belum banyak. Jadi, informasi yang muncul masih terbatas.  

Sementara itu, user interface-nya cukup standar. Dengan dominasi warna biru, nuansa media sosial ternama seperti Facebook atau Twitter akan terasa di sini. Untuk mengonsumsi informasi yang ada di Surabaya Traffic, user tinggal men-scroll laman utama seperti pada timeline media sosial. Sedangkan untuk mengunggah info, sentuh saja tombol lingkaran biru berlambang pensil di bagian kanan bawah. Intinya, UI dan UX Surabaya Traffic dirasa sudah cukup memudahkan, termasuk bagi user berusia 30 sampai 50 tahunan atau user yang 'gaptek'.

Jadi, kepincutkah Anda menggunakan aplikasi ini? Silakan unduh saja Surabaya Traffic di gadget Android Anda dari link berikut.

WHAT TO READ NEXT ?