CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 24 November 2015 07:00

Cara jelajahi situs diblokir dari smartphone dan tablet Android

Situs yang terblokir dapat ditembus menggunakan aplikasi Orbot dan Orweb.

Cara jelajahi situs diblokir dari smartphone dan tablet Android

Techno.id - Suatu ketika, tanpa ada peringatan apapun, website yang sering Anda kunjungi tiba-tiba tak dapat diakses. Jika sudah demikian, siapa yang tak merasa sedih. Namun, Anda tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan, pasalnya jika ada website yang sudah diblokir, Anda tetap dapat membukanya dengan sebuah aplikasi bernama Orbot.

Ya, aplikasi Orbot dapat mengakses website yang terblokir dengan menggunakan Tor. Tor sendiri merupakan perangkat lunak yang membantu Anda mengamankan jaringan internet Anda dari pengawasan jaringan yang mengancam kebebasan privasi, kegiatan bisnis rahasia, dan lain-lain.

Nah, agar bisa mengakses web terblokir, Anda dapat mengombinasikan Orbot dengan Orweb. Orweb adalah browser privat pendamping Orbot untuk menelusuri situs web tanpa takut dihentikan atau diblokir. Dengan begitu, ketika Anda mendapati situs kesukaan Anda sudah terblokir, maka Anda tetap dapat mengaksesnya dengan lancar, seolah-olah website tersebut tidak pernah diblokir.

Untuk melakukan penjelajahan di situs yang terblokir, Anda dapat memulainya dengan membuka aplikasi Orbot. Setelah itu, tekan lama tombol start. Hal ini untuk mengaktifkan Tor. Jika sudah, Anda bisa membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi Orweb.

Mudah bukan? Anda dapat mengunduh dua aplikasi tersebut secara gratis di Google Play Store. Tapi jangan lupa, sebelum Anda membuka situs yang terblokir dari Orweb, Anda harus mengaktifkan Tor terlebih dahulu melalui aplikasi Orbot.

WHAT TO READ NEXT ?