CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 1 April 2016 20:00

Opera dengan ad-blocker bawaan rilis versi Beta, jaminan lebih kencang

Tidak sabarkah Anda menunggu versi stable-nya rilis?

Opera dengan ad-blocker bawaan rilis versi Beta, jaminan lebih kencang

Techno.id - Kemarin (31/03/16), Opera mengumumkan bahwa fitur terbaru di browser-nya, yakni ad-blocking bawaan, telah tersedia dalam versi beta 37.

Untuk mengaktifkan fitur ini, user hanya perlu mengakses Settings dan mencari pilihan Block Ads. Begitu aktif, Anda bakal melihat simbol tameng berwarna biru di ujung address bar. Saat diklik, akan muncul statistik terkait berapa banyak iklan yang diblokir dalam satu page maupun secara umum.

Fitur ad-block bawaan dari Opera
© 2016 Opera Software

 

Menariknya, pemblokir iklan built-in ini diklaim mampu mempercepat proses load website yang diakses daripada ad-block ekstensi pun Opera yang tanpa ad-block. Rata-rata, waktu tunggu pemroses tiap halaman berkat native ad-block cuma 5 detik saja.

Opera pun membiarkan user-nya melakukan speed benchmark sendiri, lewat opsi yang tersedia di drop-down menu ad-block tadi. Nantinya, browser berusia 21 tahun itu bakal me-load laman yang dibuka sebanyak dua kali, yang pertama dicek tanpa memblokir iklan dan yang kedua dengan memblokirnya. Pengguna lantas dapat melihat langsung perbedaan kecepatan load laman dengan atau tanpa native ad-blocker.

Opera sendiri mengklaim pihaknyalah developer mayor yang pertama kali mengintegrasikan fitur ad-blocking dengan perambannya. Sementara itu, kompetitor utama mereka, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, masih bertumpu pada ad-blocking berwujud ekstensi.

WHAT TO READ NEXT ?