CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 24 Maret 2016 07:00

Google segera nonaktifkan Chrome app launcher

Ingin lebih menyederhanakan dan mempercepat Chrome, Google bakal hapus app launcher

Google segera nonaktifkan Chrome app launcher

Techno.id - Sebuah kabar gembira baru saja datang untuk para pengguna setia web browser Chrome. Kabar itu adalah keputusan Google yang ingin menghapus aplikasi launcher (app launcher) di platform Windows, Mac dan Linux.

Ilustrasi Chrome app launcher
© 2016 Blog Google Chrome

Apa itu app launcher? Di web browser Chrome, app launcher dikenal sebagai aplikasi yang dapat mempercepat kinerja Chrome. Namun kelemahannya, aplikasi ini justru bisa menjadi bumerang bagi perangkat berspesifikasi minim.

Sebagaimana dikutip dari The Verge (22/03), penghapusan ini dijadwalkan mulai saat pembaruan bulan Juli 2016. Lalu, bagaimana dengan nasib pengguna yang sudah terbiasa menggunakan app launcher?

Menurut penjelasan Google, pengguna masih dapat menggunakan app launcher melalui halaman pengaturan Chrome secara manual. Artinya, app launcher akan berada di posisi nonaktif secara default (tidak memakan kapasitas hard disk kecuali diminta).

Adapun kebijakan penghapusan ini sendiri diklaim sebagai salah satu upaya Google untuk menyederhanakan dan mempercepat Chrome. Terlebih lagi, tidak sedikit jumlah pengguna Chrome yang telah mengeluhkan keberadaan app launcher.

WHAT TO READ NEXT ?