CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 11 Maret 2016 12:00

Fitur baru Opera bikin browsing tambah ngebut

Opera unggul dibandingkan dengan browser yang lain.

Fitur baru Opera bikin browsing tambah ngebut

Techno.id - Baru-baru ini, Opera memberikan sebuah fitur ad-blocking kepada pengguna aplikasi desktopnya. Dikatakan, jika fitur ini memberikan kecepatan mengalahkan browser lain saat browsing. Enaknya, fitur ini sudah terintegrasi dengan aplikasi, sehingga Anda tidak butuh menginstal ekstensi seperti Firefox dan Chrome.

Tidak omong kosong, Opera membandingkan browser miliknya dengan browser Firefox dan Chrome yang menggunakan ekstensi AdblockPlus untuk memblokir iklan serta Microsoft Edge yang tidak menggunakan ekstensi blokir iklan karena belum tersedianya fitur tersebut.

Pada uji cobanya, Opera membuka 66 website populer dan membandingkan kecepatan masing-masing browser. Pengujian yang dilakukan mengukur waktu yang dibutuhkan bagi peramban untuk mengunduh halaman dan merendernya (persis antara navigationStart dan loadEventEnd).

Pengujian loading halaman ini dilakukan berulang sebanyak 15 kali untuk setiap halaman tanpa membersihkan cache, untuk mensimulasikan penggunaan reguler. Hasil pengujian mungkin berbeda-beda tergantung konfigurasi piranti keras (hardware) dan kecepatan jaringan (serta banyaknya iklan yang ditayangkan). Pengujian Opera dilakukan di Windows 10 PC modern, 8GB RAM, SSD disk, dengan prosesor Intel Core i7.

Nah, hasilnya browser Opera memang jadi yang tercepat dalam membuka halaman sebuah website. Seperti yang Anda bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Data pengujian fitur baru Opera
© 2016 Opera.com/© 2016 Opera.com

Dengan adanya pengujian ini, Opera mengatakan jika kini browser mereka lebih cepat 40 hingga 50 persen dari browser yang ada saat ini. Tertarik gunakan Opera?

WHAT TO READ NEXT ?