CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 9 April 2016 08:00

Microsoft Edge siap cegat konten Flash demi kenyamanan Anda

Browser suksesor IE itu tak akan membiarkan konten flash langsung memutar otomatis.

Microsoft Edge siap cegat konten Flash demi kenyamanan Anda

Techno.id - Perang terhadap konten Flash terus dikobarkan. Setelah browser kawakan seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox yang mampu memblokir Flash secara default mulai 2015 lalu, peramban anyar Microsoft Edge pun siap mengikuti jejak mereka.

Lewat blog resminya (07/04/16), Microsoft menuliskan bahwa serangkaian pembaruan di Anniversary Update Windows 10 bakal membuat Edge mem-pause otomatis konten Flash yang tidak penting di sebuah situs. User diharuskan untuk mengklik konten Flash tersebut - yang sebagian besarnya adalah animasi di sekeliling layar atau iklan - untuk membiarkannya berjalan.

Pembaruan ini diharapkan bisa mengurangi konsumsi daya gadget maupun menekan kans teror cyber lewat celah yang dimiliki Flash.

Adobe Flash sendiri dikembangkan sejak tahun 90-an dan diproyeksikan untuk menjadi platform pembuat konten multimedia di internet. Namun, platform ini ternyata rentan dari segi keamanan dan mulai tersisihkan oleh HTML5. Faktanya, di awal tahun 2016, hanya ada 18 persen dari 10.000 website top versi Alexa yang masih menggunakan Flash.

Sebelumnya, Microsoft berjanji untuk menyediakan fitur ad-blocker di Edge. Sayang, fitur tersebut bukanlah built-in seperti yang diharapkan netizen, tetapi berupa ekstensi.

WHAT TO READ NEXT ?