Lens Writer, buat kegiatan menulis karya ilmiah jadi lebih mudah

Lens Writer, buat kegiatan menulis karya ilmiah jadi lebih mudah

Techno.id - Dahulu banyak orang beranggapan bahwa menulis karya ilmiah itu cukup menyusahkan. Ya, menulis sebuah karya ilmiah memang membutuhkan ketelitian tinggi, terlebih saat menuliskan kutipan atau saat memasukkan data berupa grafik maupun tabel angka ke dalamnya.

Namun, kini kabarnya menulis karya ilmiah tak akan serumit dahulu karena Anda bisa memanfaatkan software yang memang khusus diciptakan untuk menulis sebuah karya ilmiah. Melalui Lens Writer, software besutan pengembang JavaScript untuk konten berbasis web dan penerbit eLife Science, Anda bisa membuat sebuah konten ilmiah lengkap dengan bibliografi, referensi, dan pengolahan data.

Lens Writer, buat kegiatan menulis karya ilmiah jadi lebih mudah

Seperti dikutip dari TheNextWeb (8/9/15), software ini memungkinkan Anda menuliskan kutipan tanpa perlu khawatir salah format penulisan. Format kutipan yang Anda tuliskan bakal disesuaikan dengan format yang disesuaikan dengan database software sehingga dapat meminimalisir kesalahan.

Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan fitur Crossref.org yang memudahkan pengguna menambahkan sumber kutipan ke daftar referensi. Jadi, pengguna hanya perlu menuliskan kalimat yang dikutip ke kolom pencarian, maka secara otomatis sumber kutipan bakal muncul dan pengguna bisa langsung menambahkannya ke daftar referensi dengan menekan tombol Add yang ada di sebelah kanan.

Lens Writer, buat kegiatan menulis karya ilmiah jadi lebih mudah Michael Aufreiter, pengembang software ini mengungkapkan bahwa Lens Writer bekerja dengan format file berbasis XML. Namun, tak menutup kemungkinan software ini juga dapat mengimpor dan mengekspor file berformat JATS.

Lebih lanjut Aufreiter menegaskan, software buatannya ini bukanlah produk mandiri. Pasalnya, software Lens Writer harus disesuaikan dan diintegrasikan dengan sistem penerbit terkait.

(brl/red)