Kini ChatGPT Plus memiliki memori yang lebih baik, bisa menyimpan data yang kamu masukkan sebelumnya

Kini ChatGPT Plus memiliki memori yang lebih baik, bisa menyimpan data yang kamu masukkan sebelumnya

Techno.id - Jika kamu memiliki ChatGPT versi berbayar, ini mungkin chatbot AI generatif paling solid. Sampai saat ini GPT-4 masih kuat, dengan add-on yang telah dilatih sebelumnya membantu pengguna mengubah pengalaman mereka, dan OpenAI terus meningkatkannya.

Penambahan fitur terbaru ini mungkin salah satu yang paling berguna hingga saat ini, terutama jika kamu cenderung sering mengulanginya selama beberapa percakapan.

ChatGPT Plus kini meluncurkan fitur Memori baru, setelah sebelumnya diluncurkan ke pengguna ChatGPT dalam jumlah terbatas sebagai pengujian. Ini adalah bank memori persisten yang memungkinkan ChatGPT mempelajari fakta spesifik tentang diri kamu, dan menggunakannya kembali di berbagai percakapan.

Idenya adalah jika kamu ingin ChatGPT mengingat hal-hal tentang diri kamu, tinggal menuliskannya di chatbot. Kapan pun diperlukan, AI akan mereferensikan bank memori tersebut dan menggunakan data yang dipelajarinya tentang kamu dalam percakapan lain juga.

Contoh yang ditunjukkan OpenAI adalah pengguna yang memberi tahu chatbot tentang hewan peliharaan mereka. ChatGPT menyimpannya di bank memori, dan dalam percakapan terpisah, chatbot akan menggunakan detail tersebut saat pengguna memintanya untuk membuat gambar hewan peliharaan mereka.

Sebelumnya, satu-satunya cara agar ChatGPT mereferensikan sesuatu yang kamu katakan sebelumnya adalah dengan membuat kueri baru dalam obrolan yang sama. Kamu dapat memeriksa memori ChatGPT apa pun yang ada dengan mencentang bagian Kelola memori di menu tarik-turun di dalam antarmuka obrolan. Kamu juga dapat menghapus hal-hal tertentu, atau menghapus sepenuhnya, kapan pun kamu mau. Fitur ini juga dapat dimatikan sepenuhnya di Pengaturan.

Perlu dicatat bahwa fitur ini belum tersedia di Eropa dan Korea Selatan, mungkin karena masalah privasi dan tidak jelas apakah akan diluncurkan di kemudian hari. Jika tidak, ini akan diluncurkan ke semua pengguna ChatGPT Plus, jadi jika kamu berlangganan chatbot tingkat premium, pastikan untuk memeriksanya dan mencobanya. OpenAI mengatakan bahwa itu akan segera hadir untuk pengguna Tim dan Perusahaan, serta GPTS.

(brl/red)