Cara menonaktifkan input layar sentuh di ponsel cerdas untuk mengatasi masalah ketukan tak disengaja

Cara menonaktifkan input layar sentuh di ponsel cerdas untuk mengatasi masalah ketukan tak disengaja

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami layar ponsel cerdas baik iPhone maupun Android, tiba-tiba aktif seperti membuka aplikasi dengan sendirinya. Jika ketukan layar yang tidak disengaja pada ponsel menyebabkan frustrasi, kamu harus mempertimbangkan untuk menonaktifkan layar sentuh dalam situasi tertentu.

Kamu bisa mempelajari langkah-langkah tepat untuk mendapatkan kembali kendali dan mencegah gangguan lebih lanjut. Begini cara menonaktifkan layar sentuh di ponsel cerdas.

1. Menonaktifkan input layar sentuh di Android

Cara menonaktifkan input layar sentuh di ponsel cerdas untuk mengatasi masalah ketukan tak disengaja foto: play.google.com

Jika memiliki perangkat Android, kamu harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan layar sentuh. Sangat direkomendasikan menggunakan Touch Lock, yang cukup mudah diatur. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Unduh, Touch Lock (ada versi gratis maupun premium).

2. Setelah instalasi, luncurkan aplikasi dan ketuk Aktifkan.

3. Pilih Touch Lock dari daftar dan aktifkan opsi Izinkan tampilan di atas aplikasi lain.

4. Jika kamu juga ingin mengunci panel notifikasi dan tombol volume, aktifkan Kunci Lanjutan dan berikan izin yang diperlukan pada aplikasi dengan mengetuk Kunci Sentuh dan mengaktifkan penggeser Gunakan Kunci Sentuh.

5. Kembali ke aplikasi dan ketuk Tampilkan. Ikon gembok sekarang akan muncul di sisi kanan layar kamu.

6. Buka aplikasi tempat kamu ingin menonaktifkan layar sentuh, lalu ketuk ikon kunci untuk menguncinya.

7. Untuk membuka kunci layar sentuh, ketuk dua kali di mana saja untuk membuka ikon gembok, lalu ketuk dua kali ikon gembok.

2. Menonaktifkan input layar sentuh di iPhone

Cara menonaktifkan input layar sentuh di ponsel cerdas untuk mengatasi masalah ketukan tak disengaja foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

iPhone dilengkapi dengan banyak fitur aksesibilitas, dan kemampuan untuk menonaktifkan input layar sentuh adalah salah satunya. Dijuluki Akses Terpandu, fitur ini memungkinkan kamu menonaktifkan area layar tertentu dan bahkan mengunci tombol fisik. Berikut cara mengaktifkan Akses Terpandu.

1. Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Akses Terpandu.

2. Aktifkan Akses Terpandu.

3. Ketuk Pengaturan Kode Sandi untuk mengatur kode sandi yang digunakan untuk mengakhiri Akses Terpandu. Kamu juga dapat menggunakan Touch ID/Face ID untuk keluar dari Akses Terpandu.

4. Kembali ke menu sebelumnya dan aktifkan Pintasan Aksesibilitas. Ini memungkinkan kamu mengeklik tiga kali tombol Samping atau Beranda untuk masuk ke Akses Terpandu kapan saja.

Setelah diaktifkan, berikut cara memulai sesi Akses Terpandu.

1. Buka aplikasi yang ingin kamu kunci.

2. Klik tiga kali tombol Samping (atau Beranda) untuk masuk ke Akses Terpandu.

3. Lingkari area layar yang ingin kamu nonaktifkan. Jika kamu ingin menonaktifkan sentuhan di seluruh layar, gambarlah di sekitar seluruh area layar.

4. Ketuk Opsi di sudut kiri bawah untuk menonaktifkan tombol Samping atau Volume.

5. Pilih Selesai untuk menyimpan perubahan kamu dan ketuk Mulai di sudut kanan atas untuk memulai Akses Terpandu.

6. Area layar yang dinonaktifkan akan tampak berwarna abu-abu dan tidak akan merespons sentuhan apa pun.

Untuk keluar dari Akses Terpandu, klik tiga kali tombol Samping (atau Beranda). Masukkan kode sandi Akses Terpandu kamu atau gunakan Touch/Face ID untuk keluar.

Menonaktifkan layar sentuh dapat berguna untuk mencegah ketukan yang tidak disengaja saat merekam video atau menghindari penyalahgunaan oleh anak-anak. Meskipun kamu perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga jika memiliki perangkat Android, fitur ini tersedia secara asli di iPhone, berkat Akses Terpandu.

(brl/red)