Software ini bantu perusahaan hitung gaji karyawan

Software ini bantu perusahaan hitung gaji karyawan

Techno.id - Mencatat aktivitas absensi, data lembur dan cuti karyawan mungkin sudah jadi tugas wajib divisi human resource di tiap perusahaan. Kehadiran teknologi diklaim akan membuat berbagai aktivitas menjemukan itu bisa ditangani secara lebih mudah dan efisien.

Ialah Talenta.co yang menyediakan perangkat lunak human resource (HR) bagi perusahaan. Software buatan anak Indonesia tersebut diakui membuat pendataan aktivitas kerja harian karyawan bisa terbaca dan terangkum lebih mudah dari biasanya.

Talenta.co merupakan produk pertama buatan perusahaan rintisan bernama Bridgeinc yang didirikan pria muda bernama Joshua Kevin. Bridgeinc meluncurkan perangkat lunak buatannya enam bulan lalu dan menyasar beberapa perusahaan startup sebagai pasarnya.

Kepada tim Techno.id, Kevin tak mau mengklaim sebagai yang pertama karena sebenarnya perangkat lunak seperti yang dibuat perusahaannya sudah tersedia di Indonesia. Perbedaannya, perangkat lunak buatan Kevin disediakan dengan harga yang lebih murah.

Tak hanya itu, software Talenta dibuat berbasis komputasi awan yang membuat kliennya tak perlu repot menyediakan server. Perusahaan hanya perlu menarik data dari alat fingerprint yang biasa dipakai mencatat absensi karyawan dan sinkronisasi ke software Talenta, voilla! catatan kehadiran dan berbagai data lain karyawan bisa langsung tersaji.

"Produk seperti ini sudah ada juga sebelumnya. Tapi biasanya perusahaan agak sulit terima karena harganya relatif mahal, bisa sampai ratusan juta. Belum lagi mereka harus sediakan server dan lain-lain. Kalau Talenta gak perlu pakai server khusus karena basisnya online. Harganya juga murah, perusahaan cuma bayar Rp 10.000 per karyawan per bulan," kata Kevin saat dihubungi via telepon.

Software besutan Bridgeinc ini juga diklaim mampu membantu divisi HR menghitung jumlah cuti, uang lembur, hingga data gaji yang harus dibayar perusahaan kepada tiap karyawannya. "Tiap pegawai bisa login secara online untuk hitung sisa cuti yang dia punya, gak perlu bikin repot orang HR buat ngitung lagi," tambahnya.

(brl/red)