CONNECT WITH US
Erick |
 7 Mei 2016 23:00

Kurangi jatah storage gratis, OneDrive hanya berikan kapasitas 5GB

Awalnya, pengguna OneDrive memang mendapatkan storage gratis sebesar 15GB, namun kini hanya 5GB saja, setara dengan iCloud. Apa bedanya?

Kurangi jatah storage gratis, OneDrive hanya berikan kapasitas 5GB

Techno.id - Belakangan, kebutuhan masyarakat modern akan storage semakin terasa saja. Entah untuk sekedar menyimpan dokumen, maupun sebagai sarana untuk berbagi file dengan rekan kerja. Salah satu cloud sevice yang juga banyak digunakan adalah OneDrive.

Layanan cloud buatan Microsoft tersebut banyak digemari karena memberikan kuota penyimpanan hingga 15GB secara gratis bagi para penggunanya. Namun seperti yang telah diberitakan oleh Apple Insider pada hari Jumat (06/05/16) lalu, pihak OneDrive tiba-tiba mengirimkan sebuah email pemberitahuan pada semua pelanggan yang menggunakan handset berbasis iOS.

Ilustrasi OneDrive pada iOS
© 2016 appleinsider.com/appleinsider.com

Email yang ditujukan pada pengguna iOS tersebut berisi pemberitahuan bahwa bonus 15GB yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan foto dan video dari camera roll telah ditiadakan. Awalnya, pengguna OneDrive memang mendapatkan storage gratis sebesar 15GB.

Namun belakangan mereka hanya mendapat kapasitas penyimpanan cloud sebesar 5GB saja, sama dengan yang didapat dari iCloud. Jika tetap ingin mendapat lebih banyak space, pengguna OneDrive diwajibkan berlangganan. Bahkan OneDrive juga memberikan penawaran kapasitas penyimpanan cloud hingga 1TB.

Paket dan harga yang ditawarkan pun beragam, dari yang hanya Rp 26.000 per bulan hingga Rp 93.000 per bulan untuk paket terabyte. Tentu saja, harga tersebut masih lebih murah dibanding penawaran dari Apple yang berharga Rp 133.000 per bulan, tanpa bonus apapun.

 

WHAT TO READ NEXT ?