CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 26 Maret 2016 16:00

Kamera Android masa depan mampu mencari informasi benda yang difoto?

Rumornya, Google sedang menyiapkan fitur tersebut.

Kamera Android masa depan mampu mencari informasi benda yang difoto?

Techno.id - Teknologi visual search yang diusung oleh Google memang bukan hal baru. Google Goggles, aplikasi mobile yang berguna untuk mencari informasi di internet dari sebuah barang yang dipotret, sudah dirilis tahun 2010 silam.

Nah belakangan, SlashGear.com (25/03/16) mendengar rumor kalau Google sebentar lagi akan merilis fitur kamera anyar. Dengan fitur yang katanya bakal ditanamkan di aplikasi Google Camera tersebut, user bisa melakukan tugas seperti yang disandang Google Goggles langsung di smartphone-nya.

Artinya, ponsel Android yang mengusung Google Camera sebagai aplikasi bawaan, seperti Nexus, di masa depan akan mampu mencari informasi terkait benda yang difoto secara otomatis.

Tak cuma itu, jika integrasi software dan hardware-nya memungkinkan, user bahkan bisa meng-outline obyek yang ingin mereka potret dengan jari. Tujuannya adalah mempermudah identifikasi obyek yang dibidik.

Ilustrasi penggunaan fitur kamera terbaru yang sedang dikerjakan Google
© 2016 SlashGear.com

 

Kendati fitur semacam ini ditujukan untuk smartphone, tetapi tak menutup kemungkinan fitur serupa juga bisa dinikmati di VR handset. Google Glass disinyalir bakal menjadi wearable pertama yang memopulerkan fitur scanning tingkat lanjut ini.

Sejauh ini, Google terpantau sedang giat melahirkan inovasi baru, terutama untuk memajukan sektor mobile. Lihat saja update teranyar yang mereka anugerahkan pada Google Photos berupa sistem organisasi foto dan video otomatis atau keputusan Google untuk berhenti mencari keuntungan dari aplikasi editor foto di desktop.

WHAT TO READ NEXT ?