5 Fitur Android terbesar yang diumumkan Google di ajang MWC 2024

5 Fitur Android terbesar yang diumumkan Google di ajang MWC 2024

Techno.id - Google mengumumkan beberapa fitur Android baru di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 di Bercelona. Di antaranya tambahan leverage AI yang memberi pengguna lebih banyak cara untuk berinteraksi dengan perangkat Android. Berikut lima fitur terbesar Android yang patut kamu perhatikan.

1. Anotasi di Google Documents

5 Fitur Android terbesar yang diumumkan Google di ajang MWC 2024 foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Tidak diragukan lagi, pembaruan yang paling mencolok bagi pengguna Android adalah kemampuan untuk membubuhi keterangan dokumen di Google Documents. Kamu dapat mencoret-coret di Google Documents untuk menambahkan komentar, catatan, dan bahkan apa pun yang kamu suka. Meskipun ini berfokus pada penyederhanaan pengeditan dan pembuatan dokumen rumit dengan cepat, kamu dapat menggunakannya sebagai alat produktivitas kolaboratif.

2. Gemini AI dalam pesan Google

5 Fitur Android terbesar yang diumumkan Google di ajang MWC 2024 foto: gemini.google.com

Google membawa saingan ChatGPT-nya, Gemini AI, ke aplikasi perpesanannya untuk pengisian dengan mesin saat membuat pesan. Kamu juga dapat berbicara dengan Gemini tentang berbagai topik untuk mendapatkan pengetahuan atau menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas dengan mempersingkat waktu yang kamu perlukan untuk merencanakan hari atau menghasilkan ide-ide baru.

3. Komentar balik untuk Lens di Google Maps

5 Fitur Android terbesar yang diumumkan Google di ajang MWC 2024 foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Google Lens adalah alat yang ampuh. Fitur ini menggunakan AI untuk mengumpulkan informasi sehingga kamu dapat menjelajahi dunia di sekitar kamu dengan mudah. Meskipun Google Lens sudah terintegrasi ke dalam Google Maps, kini ada TalkBack dengan Lens di Maps yang dapat membaca kembali informasi tentang tempat yang kamu temukan melalui kamera ponsel cerdas.

4. Ringkasan AI Android Auto

5 Fitur Android terbesar yang diumumkan Google di ajang MWC 2024 foto: play.google.com

Berkat integrasi AI, Android Auto dapat meringkas pesan teks panjang yang kamu terima saat mengemudi sehingga kamu dapat mengawasi jalan. Fitur ini juga dapat menyarankan balasan dan tindakan seperti membagikan ETA kamu atau memulai panggilan telepon, jadi menanggapinya semudah mengetuk layar.

5. Teks AI untuk gambar

5 Fitur Android terbesar yang diumumkan Google di ajang MWC 2024 foto: google

Google memanfaatkan AI lagi untuk menjadikan Lookout for Android lebih baik. Sekarang kamu dapat secara otomatis menghasilkan deskripsi dari hampir semua gambar dan membacanya dengan lantang untuk membantu para penyandang tunanetra.

Beberapa pembaruan

Daftar di atas belum semua fitur yang diumumkan Google di ajang MWC 2024. Kabarnya Google juga membawa kartu Dompet ke jam tangan Wear OS dan petunjuk arah angkutan umum ke Google Maps di Wear OS.

Selain itu, aplikasi Fitbit sekarang dapat menampilkan statistik dari aplikasi dan perangkat pihak ketiga yang mendukung platform Health Connect Android.

Saat mendengarkan Spotify, pengalih keluaran di layar beranda Android akan menampilkan perangkat Spotify Connect. Ini memungkinkan pengguna mendengarkan musik favorit mereka tanpa gangguan saat mereka berpindah antar perangkat.

Hampir semua fitur yang diumumkan Google bertujuan untuk membuat perangkat Android lebih mudah diakses, membantu pengguna menjadi produktif.

(brl/red)