Cara mudah kelompokkan data berdasar rentang usia di Microsoft Excel

Cara mudah kelompokkan data berdasar rentang usia di Microsoft Excel

Techno.id - Chandra Wijaya

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengolah data. Tampilannya yang berupa spreadsheet bakal membuat pengerjaan data jadi lebih mudah. Bahkan, ketika Anda harus mengerjakan data dalam jumlah yang banyak dan beragam, misalnya saja data mengenai peserta dalam suatu perlombaan.

Biasanya dalam sebuah perlombaan, data yang harus di entry banyak dan beragam, mulai dari nama peserta, tanggal lahir, kategori lomba yang diikuti, dan lain sebagainya. Data yang begitu beragam ditambah peserta perlombaan yang jumlahnya pasti tak sedikit, bakal membuat Anda cepat lelah jikalau harus mengentry data satu per satu. Terlebih jika data yang perlu Anda entry harus dihitung terlebih dahulu.

Nah, ketimbang Anda harus menghitung data secara manual, berikut ini kami berikan beberapa langkah mudah untuk menghitung data yang beragam dan banyak di Microsoft Excel tanpa perlu menghitungnya secara manual dan mengentry-nya satu persatu.

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa data peserta dalam suatu perlombaan.

Cara mudah kelompokkan data berdasar rentang usia di Microsoft Excel

Untuk memudahkan Anda mengentry data yang jumlahnya banyak tersebut kelompokkan data peserta berdasar rentang usianya seperti data berikut ini:

  • Balita, untuk usia 1-5 tahun
  • Anak-anak, untuk usia 6-11 tahun
  • Remaja, untuk usia 12-17 tahun
  • Pemuda, untuk usia 18-25 tahun
  • Dewasa, untuk usia 26-50 tahun

Setelah mengelompokkan data berdasar rentang usia, Anda perlu mengentry data ke dalam kolom-kolom di Excel. Pertama-tama Anda perlu mengentry data nama dan tanggal lahir di kolom pertama dan kedua.

Setelah kolom nama dan tanggal lahir telah terisi dengan data peserta, Anda perlu mengisi kolom usia. Untuk memudahkan, Anda tak perlu mengisi kolom usia satu persatu, Anda hanya perlu memasukkan rumus penghitungan usia berikut =INT(YEARFRAC(C2,TODAY())) ke kolom di sebelah tanggal lahir, kemudian tekan enter. Umur peserta berdasar data kelompok usia yang telah dibuat nanti bakal muncul secara otomatis.

Untuk mempercepat proses entry data, Anda bisa mengcopykan rumus ke cell-cell di bawahnya sampai baris dari peserta terakhir, sehingga secara otomatis data usia bakal muncul disesuaikan dengan tanggal lahir dari peserta.

Sebagai catatan, usia bakal dihitung tepat berdasarkan tanggal lahir hingga tanggal terakhir Anda mengentry. Selain itu, dalam mengentry data ini Anda tidak bisa membulatkan usia ke atas. Jadi, jika usia seorang peserta terhitung berumur 15 tahun 8 bulan, usia bakal tetap tertulis 15 bukan 16 tahun.

(brl/red)