Wilbur Scoville muncul di laman Google hari ini, siapakah dia?

Wilbur Scoville muncul di laman Google hari ini, siapakah dia?

Techno.id - Jika Anda amati, hari ini ada yang berbeda di halaman utama Google Search. Ya, Anda membuka halaman utama fitur pencarian raksasa Mountain View tersebut maka Anda bakal menemukan sebuah doodle animasi dari seorang bernama Wilbur Scoville.

Anda tentu bertanya-tanya siapakah sebenarnya Scoville ini? Mengapa hari ini Google harus repot-repot membuat doodle bertema dirinya?

Nah, setelah tim Techno.id telusuri, ternyata Scoville adalah seorang ilmuwan kelahiran Bridgeport, Connecticut yang sangat berperan dalam menemukan skala pengukuran pedas cabai. Ya, berkat kecerdasannya itu kini kepedasan dari cabai bisa diukur dengan lebih mudah menggunakan skala yang diberi nama sesuai dengan nama belakangnya, Scoville.

Tak hanya itu, melalui bukunya The Art of Compounding Scoville juga menjadi orang pertama yang menemukan bahwa susu bisa menjadi penangkal untuk rasa pedas yang disebabkan oleh lada. Ia juga dikenal karena keberhasilannya melakukan uji organoleptik, sebuah uji coba untuk mengukur tingkat kepedasan pada paprika menggunakan bantuan manusia.

Doodle yang diluncurkan hari ini (22/1/15) sebenarnya bertepatan dengan hari ulang tahun ke 151 Scoville. Dalam doodle buatan doodle Olivia Huynh itu, pengunjung bisa menikmati games mini unik.

Pengunjung diajak untuk membantu profesor farmakologi yang juga wakil ketua Asosiasi Farmasi Amerika tersebut mengatasi rasa pedasnya dengan melempar bongkahan es krim ke arah pelbagai jenis cabai. Caranya, klik mouse pada bagian tengah bar dengan lingkaran berjalan.

Wilbur Scoville muncul di laman Google hari ini, siapakah dia?

Google doodle Wilbur Scoville
2016 Google Doodle/Olivia Hyunh

Makin pedas cabai yang dicoba oleh Scoville maka lingkaran pada bar akan bergerak lebih cepat. Usahakan lingkaran pada bar selalu berada tepat di tengah supaya cabai bisa dikalahkan.

Nah, jika Anda tertarik dengan games mini unik yang dihadirkan Google di doodle Scoville hari ini maka segera akses saja di halaman utama Google Search.

(brl/red)