User Indonesia periksa ponselnya tiap 5-10 menit sekali

User Indonesia periksa ponselnya tiap 5-10 menit sekali

Techno.id - Barangkali, Anda sudah pernah mengetahui atau membaca beberapa tanda kecanduan terhadap smartphone. Masalah kejiwaan yang dikenal pula dengan istilah nomophobia itu salah satunya ditandai dengan terlalu seringnya seorang user memeriksa smartphone-nya.

Di Indonesia, ciri-ciri itu telah terlihat dari sejumlah user. Pada Februari 2015 lalu, Lazada mengadakan survei dengan sampel sekitar 2.000 pengguna ponsel pintar dari Tanah Air. Mereka menemukan satu fakta yang menunjukkan sudah kecanduannya masyarakat dengan smartphone.

Ternyata dari 2.000-an orang itu, 50 persennya mengecek smartphone mereka sebanyak 100 sampai 200 kali dalam sehari. Kalau diperinci lagi, orang Indonesia cenderung memeriksa handset-nya dalam 5 sampai 10 menit sekali.

Akan tetapi, interval user dalam memeriksa smartphone-nya ini juga dipengaruhi oleh jenis aplikasi yang terpasang di dalamnya.

Di samping itu, ada periode-periode tertentu tiap harinya di mana ada banyak user memeriksa ponselnya. Tiga periode itu antara lain saat makan siang (pukul 11.00-12.00), ketika senggang usai beraktivitas (18.00-19.00), serta sebelum tidur (20.00-22.00).

User Indonesia periksa ponselnya tiap 5-10 menit sekali

Pola masyarakat Indonesia dalam menggunakan ponsel
2016 Lazada/Lazada Indonesia

Sementara itu, survei lain mengungkap bahwa smartphone juga dapat mengesampingkan perhatian orangtua pada anaknya. Kendati 28 persen orangtua di survei itu mengaku mereka telah mengajarkan hal buruk pada anak dengan bermain ponsel terus-menerus, tetapi tidak tahu cara berhenti dari ketergantungan tersebut.

(brl/red)