Teknologi ini bantu orang buta mengenali wajah orang lain

Teknologi ini bantu orang buta mengenali wajah orang lain

Techno.id - Kabar gembira, khusus diberikan kepada semua orang buta di dunia. Kini, para ilmuwan telah menemukan teknologi baru berupa tongkat pintar yang memungkinkan orang buta bisa mengenali wajah orang lain di sekitarnya. Hal ini pastinya sangat membantu orang buta untuk berkomunikasi dengan sanak saudara dan kerabat lainnya.

Ya, teknologi pengenalan wajah ini pertama kali ditemukan oleh Phys.org. Kemudian, teknologi ini dikembangkan lagi oleh mahasiswa bernama Steve Adigbo, Waheed Rafiq, dan Richard Howlett dari Birmingham City University, seperti yang dilaporkan Digitaltrends (8/5/2015).

Tongkat pintar ciptaan tiga mahasiswa ini diklaim mampu mendeteksi wajah orang lain dengan jarak sekitar 10 meter. Tongkat ini dapat mengenali wajah dengan cara mencocokkan foto yang tersimpan dalam memori tongkat. Menariknya, tongkat tersebut akan bergetar ketika menemukan wajah yang cocok dengan foto di dalam tongkat. Bahkan, tongkat pintar ini juga bisa membimbing orang buta untuk menemukan orang yang dikenali dengan bantuan headset bluetooth, software audio, dan GPS.

Menurut Steve, tongkat pintar ini sangat berguna untuk kakeknya yang juga tidak bisa melihat. Dengan alat tersebut, sekarang kakeknya bisa mengenali keluarga dan teman-temannya dengan mudah.

(brl/red)