TNI AD Bandung ciptakan PosturCheck untuk tes kesehatan calon perwira

TNI AD Bandung ciptakan PosturCheck untuk tes kesehatan calon perwira

Techno.id - TNI AD Bandung baru-baru ini membuat suatu terobosan baru perihal tes kesehatan fisik bagi calon perwiranya. Ya, badan militer di wilayah Jawa Barat tersebut menggandeng MetaVision Studio, perusahaan teknologi binaan Bandung Techno Park untuk menciptakan alat bernama PosturCheck.

Dikutip dari Merdeka (7/5/15), alat yang dilengkapi dengan sensor tersebut dirancang untuk mengetahui bagian tubuh mana sajakah dari calon perwira yang tidak sempurna. Seperti diketahui, calon perwira yang ingin bergabung dengan TNI maupun Polri harus melalui tes kesehatan terlebih dahulu dengan pemeriksaan seluruh badan secara manual. Nah, alat ini, menurut Rosya Satria Firdaus, peneliti dari MetaVision Studio hadir untuk meminimalisir kesalahan maupun subjektivitas pemeriksaan kesehatan fisik secara manual.

"Misalnya saja si calon perwira mengalami skoliosis ringan, itu bisa terdeteksi langsung," ujar Rosya.

TNI AD Bandung ciptakan PosturCheck untuk tes kesehatan calon perwira

PosturCheck, alat tes kesehatan yang dikembangkan oleh TNI AD Bandung dan MetaVision Studio 2015 merdeka.com

Rosya menjelaskan, untuk menggunakannya si calon perwira hanya tinggal berdiri di atas papan besi berbentuk bulat yang bisa berputar. Kemudian, tubuhnya akan langsung di deteksi dengan sensor yang telah tertanam dalam alat tersebut.

Sayangnya, alat ini masih belum digunakan secara nasional untuk cek postur tubuh calon perwira TNI. Ke depannya, selain membuat alat bernilai puluhan juta rupiah ini, TNI berniat untuk mengembangkan alat serupa, namun untuk pemeriksaan gaya berenang.

(brl/red)