Siapa sajakah penguasa pasar wearable gadget sekarang?

Siapa sajakah penguasa pasar wearable gadget sekarang?

Techno.id - Mewabahnya wearable gadget yang beredar di pasaran seringkali membuat konsumen bingung akan opsi yang tersedia. Pertanyaan mana produk yang memang unggul dan mana yang masih terhitung sebagai pendatang baru pun wajar bermunculan.

Nah, berdasarkan data yang dipublikasikan oleh perusahaan riset pasar IDC, terpapar bahwa ternyata Fitbit dan Apple-lah yang berada di dua tingkat produsen wearable teratas saat ini. Tak hanya itu, boleh dibilang juga produk wearable mereka yang kini merajai pasaran.

Dengan keberhasilan menjual 11 jutaan Apple Watch selama 2015, Apple berhasil merebut posisi Xiaomi yang tren penjualannya di tiga kuartal awal tahun lalu begitu positif. Ditambah lagi, produk-produk berlabel raksasa Cupertino itu sangat identik sebagai hadiah Natal. Tak ayal, penjualan smartwatch Apple meroket saat musim liburan tiba.

Selain Apple, jangan lupa kalau masih ada Fitbit yang menjuarai tangga penjualan wearable dunia. Perusahaan wearable yang bergerak di segala aspek keperluan olahraga seperti fitness armband ini juga mengalami momen naik daun di ujung 2015. Bedanya, Fitbit mengalami peningkatan yang lebih signifikan ketimbang Apple, yakni hingga 70 persen. Total penjualan wearable Fitbit pun ada di kisaran 20 jutaan lebih.

Secara keseluruhan, pasar wearable global tumbuh 172 persen di tahun 2015. Fitbit, Apple, dan vendor lain melego 78 jutaan wearable gadget sepanjang kalender 2015, naik dari tahun 2014 yang cuma 28,8 juta saja.

Paparan selengkapnya tersaji di grafis buatan Statista berikut berbekal data dari IDC.

Siapa sajakah penguasa pasar wearable gadget sekarang?

(brl/red)