CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 19 Februari 2016 18:00

Sekarang, pembeli smartwatch bahkan sudah banyak dari Swiss watch

"Apple Watch secara impresif menangkap 63 persen pangsa pasar global pada Q4 2015, diikuti Samsung dengan 16 persen."

Sekarang, pembeli smartwatch bahkan sudah banyak dari Swiss watch

Techno.id - Popularitas smartwatch dewasa ini semakin tak diragukan lagi. Menurut pantauan dari Strategy Analytics, sudah ada 8,1 juta unit jam pintar yang laku sedunia pada kuartal keempat 2015. Jumlah itu 316 persen lebih banyak dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menariknya, pembeli smartwatch ternyata sudah mengalahkan Swiss watch. Dalam laporan yang sama, jam tangan dari Swiss yang sudah dikenal lama sebagai standar industri jam dunia itu di akhir 2015 hanya laku 7,9 juta buah, menurun hampir 5 persen.

Strategy Analytics turut memaparkan kalau penjualan smartwatch tumbuh secara global, tetapi pasar yang paling cepat pertumbuhannya ada di kawasan Amerika Utara, Eropa Barat, dan Asia. Apple dan Samsung juga tercatat sebagai penguasa pasar ini.

"Apple Watch secara impresif menangkap 63 persen pangsa pasar global pada Q4 2015, diikuti Samsung dengan 16 persen," terang Cliff Raskind, Director Strategy Analytics, di rilis persnya (18/02/16).

Dominasi Apple Watch ini juga terpapar di laporan Canalys. Apple Watch ternyata 'hanya' menguasai 2/3 pasar smartwatch global sepanjang 2015. Samsung Gear S2, Pebble, dan Huawei membuntuti di belakangnya.

WHAT TO READ NEXT ?