Dukung perkembangan e-commerce, pemerintah sedang siapkan road map

Dukung perkembangan e-commerce, pemerintah sedang siapkan road map

Techno.id - Indonesia adalah negara dengan potensi perkembangan e-commerce yang sangat besar. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyiapkan road map atau rencana kerja untuk pengembangan e-commerce di Indonesia.

Seperti dilaporkan Merdeka (10/4/15), Menkominfo, Rudiantara, mengatakan road map tersebut rencananya akan rampung pada bulan Agustus tahun ini.

Rudiantara yang ditemui usai Workshop Perencanaan Road Map Industri E-Commerce Indonesia di Menara Multimedia, Jakarta, menjelaskan jika perkembangan rencana kerja tersebut masih dalam tahap usulan dari berbagai pihak. Setelah road map tersebut jadi, maka baru bisa dijadikan Rencana Peraturan Pemerintah (RPP). Rencananya berbagai institusi seperti Dirjen Bea Cukai, Pajak, kementerian terkait akan dilibatkan.

"Bea cukai dilibatkan karena e-commerce tidak hanya dalam negeri saja tapi ngurusin luar negeri juga," ungkapnya.

Saat ini, pasar e-commerce secara sales digital advertising di Indonesia telah mencapai Rp 155 triliun. Oleh karena itu, road map mengenai e-commerce sangat dibutuhkan untuk membantu mengembangkan potensi e-commerce di Indonesia ke depannya.

(brl/red)