Di Indonesia, selisih rerata harga iPhone dan Android capai 3X lipat!

Di Indonesia, selisih rerata harga iPhone dan Android capai 3X lipat!

Techno.id - Peluncuran iPhone 6S dan 6S Plus beberapa waktu lalu mungkin sukses memunculkan antusiasme dunia pada dua gadget baru Apple itu. Akan tetapi, belum tentu juga keduanya mampu meningkatkan jumlah pengguna iPhone di dunia secara drastis. Pasalnya, harga iPhone di sejumlah negara terlampau tinggi untuk dicapai di, misalnya di Indonesia.

Dari analisis yang dilakukan Jana, banderol iPhone adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh mengapa smartphone Android lebih berjaya di Tanah Air. Buktinya, saat mereka membandingkan harga iPhone 6 unlocked dengan handset Android di Indonesia, harga rata-ratanya bisa berselisih tiga kali lipat.

Dikutip dari blog.jana.com (10/09/15), rerata harga iPhone 6 ialah sekitar Rp12,4 juta, sementara banderol smartphone Android hanya setara dengan Rp3 juta saja. Sedangkan kalau dibandingkan secara global, perbandingan harga iPhone dan Android ada di nominal Rp9,8 juta dan Rp3,6 juta.

Uniknya, selisih harga rata-rata yang bisa mencapai tiga atau empat kali lipat itu juga berlaku di negara lain, seperti Brasil, Tiongkok, Afrika Selatan, dan India.

Di Indonesia, selisih rerata harga iPhone dan Android capai 3X lipat!
Perbandingan rata-rata harga iPhone dan Android 2015 Jana

Lebih lanjut, dampak dari terpaut jauhnya harga standar kedua smartphone itu membuat ponsel Android lebih diminati. Masih menurut Jana, di Indonesia sendiri, market share Android mencapai 66 persen.

(brl/red)